Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis pembelajaran problem based learning untuk siswa SMK Negeri 1 Malang / Dia Fitriyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis pembelajaran problem based learning untuk siswa SMK Negeri 1 Malang / Dia Fitriyana

Fitriyana, Dia (2015) Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis pembelajaran problem based learning untuk siswa SMK Negeri 1 Malang / Dia Fitriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyana Dia. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Pembelajaran Problem Based Learning untuk Siswa SMK Negeri 1 Malang. Skripsi JurusanAkuntansi FEUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA (II) Sulastri S.Pd. M.SA Kata Kunci Bahan Ajar Problem Based Learning Sekolah Menengah Kejuruan adalah sekolah yang mempersiapkan lulusannya untuk siap kerja sehingga mereka harus selalu menyesuaikan keahlian lulusannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru. SMK Negeri 1 Malang adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 namun dalam penerapan kurikulum tersebut tidak disertai dengan fasilitas bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru khususnya Jurusan Akuntansi. Bahan ajar yang mereka gunakan masih buku paket 1993 dan handout yang disusun oleh guru mata pelajaran. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru dibidang akuntansi agar siswa lebih termotivasi untuk aktif belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data yang dikumpulkan terdiri data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diisi oleh ahli dan pengguna sedangkan untuk data kualitatif diperoleh dari kritik saran dan tanggapan dari ahli dan pengguna. Subjek coba penelitian ini melibatkan ahli pengembangan bahan ajar ahli materi dan siswa. Uji coba pada pengguna terbatas di lakukan di SMK Negeri 1 Malang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase menurut Sudjana. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh nilai dari ahli materi dengan rata-rata persentase 77% ahli mutu modul dengan rata-rata persentase 79 5% dan uji coba pengguna terbatas dengan rata-rata persentase 91 28%. Sehingga rata-rata persentase keseluruhan sebesar 82 59% dan dapat disimpulkan bahwa modul siklus akuntansi perusahaan dagang berbasis pembelajaran problem based learning pada materi menghitung harga pokok penjualan barang dagang dengan menggunakan metode periodik dan perpetual dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas XI Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Malang. Berdasarkan pemaparan hasil di atas disarankan agar sekolah menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan baru tentang akuntansi kurikulum terbaru dan memotivasi siswa untuk aktif belajar dan pemanfaatan modul sebaiknya menitikberatkan pada praktik agar siswa lebih bisa memahami materi karena sering mengerjakan soal dan pembelajaran tidak lagi membosankan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34753

Actions (login required)

View Item View Item