Mauluddiyah, Atikah (2022) Pengaruh pemahaman teori hierarki kebutuhan abraham maslow, pengalaman ppl, dan pemahaman keterampilan abad 21 terhadap pilihan karier menjadi guru kejuruan / Atikah Mauluddiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebutuhan guru SMK masih sangat tinggi pada tahun ini kebutuhan meningkat sebanyak 500.000 guru produktif. Satu dari beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa enggan memilih karier sebagai guru adalah persepsi tidak terpenuhinya kebutuhan berdasarkan hierarki Abraham Maslow menjadi guru kejuruan. Faktor lainnya adalah pentingnya pelasanaan PPL sebagai salah satu program perguruan tinggi untuk menyiapkan peserta didiknya menjadi guru kejuruan. Pemahaman keterampilan abad 21 juga menjadi faktor yang perlu disiapkan calon guru abad ini untuk memberikan rasa percaya diri akan keterampilan yang dimiliki guru. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan dan kontribusi atau sumbangan dari pemahaman teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow pengalaman PPL dan pemahaman keterampilan abad 21 mahasiswa Malang dengan pilihan karier menjadi guru kejuruan di Indonesia dan memaparkan masing-masing variabel. Penelitian dilakukan dengan pendekatan korelasional. Seluruh mahasiswa jurusan PTI yang berjumlah 188 populasinya. Proportionate Stratified Random Sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel dengan nominal responden 123 mahasiswa. Skala likert dipakai sebagai metode skala pengukuran dan angket sebagai metode penyatuan data. Teknik Alfa Cronbach diaplikasikan sebagai pengujian reliabilitas instrumen. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda uji t dan uji F. Guna mengupas sumbangan relatif dan efektif mengaplikasikan rumus sumbangan variabel bebas (prediktor). Temuan dari penelitian menghasilkan kesimpulan yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow dengan pilihan karier menjadi guru kejuruan (2) tidak terdapat hubungan signifikan antara pengalaman PPL dengan pilihan karier menjadi guru kejuruan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman keterampilan abad 21 dengan pilihan karier menjadi guru kejuruan (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow pengalaman PPL dan keterampilan abad 21 dengan pilihan karier menjadi guru kejuruan. Diketahui bahwa sumbangan variabel pemahaman keterampilan abad 21 lebih banyak dibandingkan variabel teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow dan pengalaman PPL dengan nilai sumbangan relatif 57 06% dan sumbangan efektif 29 40%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |