Pengaruh model project based learning berbasis e-learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan terhadap soft skils siswa SMK / Listyana Hartati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning berbasis e-learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan terhadap soft skils siswa SMK / Listyana Hartati</p>

Hartati, Listyana (2022) Pengaruh model project based learning berbasis e-learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan terhadap soft skils siswa SMK / Listyana Hartati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hartati Listyana. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Terhadap Soft Skils Siswa SMK. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Marsono S.Pd. M.Pd. Ph.D. (II). Dr. Yoto S.T. M.M. M.Pd. Kata Kunci E-Learning Project Based Learning Soft Skills. Salah satu bentuk dan model pembelajaran yang menjadi alternatif untuk perbaikan kualitas pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran yang tepat. Model Project Based Learning memiliki kelebihan untuk pengembangan potensi siswa secara utuh dan memberi pengelaman belajar yang lebih menarik. Dalam implementasinya model Project Based Learning dapat mendorong siswa untuk aktif kreatif dan partisipatif dalam kegiatan belajar. Guru menempatkan diri sebagai fasilitator memonitor dan mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Project Based Learning adalah pembelajaran yang inovatif dengan penekanan pembelajaran yang kontekstual dan kegiatan-kegiatan positif yang saling terkait. Project Based Learning dianggap relevan diterapkan pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berfokus pada konsep dan prinsip yang melibatkan berbagai pihak yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Dalam pelaksanaan Project Based Learning memberi peluang siswa untuk bekerjasama mengkonstruksi belajar secara mandiri dan puncaknya menghasilkan karya nyata dalam bentuk produk dan tindakan. Project Based Learning menekankan kegiatan pembelajaran yang secara brekelanjutan holistic terpusat pada siswa dan terintegrasi dalam praktek pembelajaran secara nyata. Untuk menjalankan model Project Based Learning siswa harus lebih aktif karena pada model ini pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa dilatih untuk membuat hipotesis serta memecahkan masalah yang dihadapinya. Model Project Based Learning yang diterapkan pada aplikasi E-Learning diharapkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi kedisiplinan tanggung jawab kreatifitas serta kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-post facto. Instrumen pada penelitian ini adalah dokumentasi wawancara tidak terstruktur dan kuesioner. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket kuesioner yang didalamnya terdapat 30 pertanyaan dengan 170 responden. Responden mengisi angket kuesioner untuk menunjukan tingkat persetujuan terhadap serangkaian pernyataan terkait pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap soft skills siswa. Untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning untuk siswa agar paham dengan suatu materi yang diajarkan maka peneliti menggunakan skala Likert dimana skor maksimal bernilai 5 dan skor minimal bernilai 1. Pada angket kuesioner peneliti telah memberikan total skor pada jawaban tiap responden yang terdiri dari 30 pertanyaan yang diajukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan Model Project Based Learning ini mempunyai pengaruh positif untuk digunakan agar siswa paham dengan suatu materi yang diajarkan karena Project Based Learning mempunyai sifat membangun membina serta meningkatkan potensi yang ada pada siswa. Dengan menggunakan model Project Based Learning siswa akan lebih fokus pada dirinya sendiri untuk berpikir mengenai ide apa yang akan dikemukakan membuat siswa akan lebih berkembang dan lebih mengenal dirinya sendiri sehingga materi yang disampaikan juga lebih mudah dipahami oleh siswa. Model Project Based Learning juga mempunyai tujuan yaitu siswa mampu menganalisis permasalahan mempunyai kretifitas tinggi mampu berkomunikasi aktif disiplin dalam tugas mampu bekerjasama dalam kelompok dan mempunyai rasa tanggung jawab dalam tugas proyek pada saat pembelajaran. Hasil analisi data melalui uji t diketahui bahwa nilai signifikansi pada variabel X terhadap variabel Y kurang dari 0 05 (sig. lt 0 05). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning berbasi E-Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Infratruktur Jaringan mempunyai pengaruh yang positif terhadap soft skills siswa SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347440

Actions (login required)

View Item View Item