Sukmasari, Titin Sukmasari (2022) Keefektifan guru akuntansi melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi covid 19 di SMK Negeri 1 Boyolangu / Titin Sukmasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran pada masa pandemic membutuhkan sebuah metode pembelajaran dan inovasi belajar yang dapat dilaksanakan yang sesuai dengan kondisi pada masa pandemic agar pembelajaran tetap dapat meningkatkan hasil dan minat belajar yang berkualitas dan bermakna bagi siswa. Guru harus sabar memberikan dan menjelaskan pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan siswa karena kondisi dimana baik guru dan siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung. Tatap muka dilakukan selama masa pandemi hanya melalui smartphone yang terhubung langsung dengan internet yang menggunakan beberapa aplikasi penghubung antara guru dan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran yang digunakan guru Akuntansi pada masa pandemic Covid 19 di SMK Negeri 1 Boyolangu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah data primer berupa Waka kurikulum Kaprogli Guru Produktif Akuntansi. Data sekunder berupa silabus RPP bahan ajar/modul dalam pembelajaran Akuntansi. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara teknik observasi teknik FGD dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman berupa data collection data reduction data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi guru menggunakan media WhatsApp dan E-Learning yang merupakan aplikasi pembelajaran dari sekolah penggunaan materi pelajaran oleh guru akuntansi melalui metode dalam jaringan di masa pandemic dilakukan dengan membuat materi yang menarik menciptakan susasana yang menyenangkan memberikan pujian dan komentar positif memberi angka sebagai simbol dari nilai kegiatan belajar siswa respon peserta didik terhadap metode pembelajaran dan media pendukung mayoritas baik penguasaan guru dan peserta didik terhadap teknologi pembelajaran yang bervariasi pada masa pandemic mayoritas banyak siswa yang sudah menguasai teknologi dibanding para guru kepraktisan bahan ajar yang digunakan guru pada masa pandemic sangat terbatas perubahan pembelajaran membuat peserta didik kesulitan dan keterbatasan fasilitas membuat peserta didik bergantung kepada guru bahan pembelajaran disesuaikan dengan pembelajaran online yang relevan pada masa pandemi pada masa pandemi mayoritas guru melakukan cara dalam mempertahankan kualitas pengajaran yang berbobot dan signifikan dengan platform pengajaran jarak jauh presentasi materi guru kepada peserta didik pada masa pandemi yaitu menggunakan fitur video guru dan peserta didik menggunakan media WhatsApp sedangkanf fasilitas yang diberikan oleh lembaga pada masa pandemic yaitu melakukan pendataan siswa kemudian melakukan identifikasi. Materi dan sumber belajar peserta didik pada masa pandemic yaitu mayoritas melalui modul dan video guru. Guru selalu menjaga komunikasi chat pribadi via WhatsApp untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemic. Pada masa pandemi mayoritas guru melakukan pengukuran kriteria keberhasilan peserta didik. Signifikansi keberhasilan peserta didik dan penilaian lebih lanjut Pada masa pandemi yaitu mayoritas dinilai cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |