Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kompetensi literasi dan entrepreneurship terhadap digital entrepreneurship siswa SMK / Dwi Mulyanti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kompetensi literasi dan entrepreneurship terhadap digital entrepreneurship siswa SMK / Dwi Mulyanti</p>

Mulyanti, Dwi (2022) Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kompetensi literasi dan entrepreneurship terhadap digital entrepreneurship siswa SMK / Dwi Mulyanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Mulyanti Dwi. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Kompetensi Literasi Dan Entrepreneurship Terhadap Digital Entrepreneurship Siswa SMK. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nunung Nurjanah M. Kes. (II). Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Ph.D Kata kunci digital entrepreneurship kompetensi literasi Keberhasilan pendidikan merupakan salah satu strategi pembangunan dan identitas mutlak suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan perekonomian serta martabat sebuah bangsa akan diakui oleh negara lain. Kualitas pendidikan menjadi salah satu syarat dalam peningkatan kecakapan hidup. Era abad 21 menuntut ICT sebagai pedoman utama pada proses pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan ICT diharapkan mendorong metode berpikir kritis siswa guru dan bahkan orang tua agar semakin meningkat. Kecakapan hidup abad 21 diperlukan untuk membidik potensi peluang usaha dimana merupakan bentuk pembekalan untuk belajar sepanjang hayat. Membentuk mental manusia yang mandiri dan mampu berinteraksi dalam kehidupan adalah tujuan dari pendidikan. Membekali siswa dengan keterampilan pengetahuan serta membangun mental yang kuat agar siap menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewirausahaan kompetensi literasi dan entrepreneurship terhadap digital entrepreneurship SMK. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan jumlah sampel adalah 248 siswa kelas XII yang berasal dari 3 sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas menggunakan 120 responden uji asumsi klasik meliputi uji normalitas uji linearitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas serta pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda dan koefisien determinasi (R2). Alat bantu dalam analisis data yaitu dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian pada uji validitas terdapat 4 item pertanyaan yang tidak valid sehingga dilakukan eliminasi agar supaya dapat dilakukan uji reliabilitas. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh variabel dalam penelitian dinyatakan reliabel. Pada uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data penelitian seluruhnya berdistribusi normal. Pada uji linearitas 3 variabel bebas memiliki hubungan yang linear. Hasil uji multikolinearitas menunjukkan bahwa tidak ada gejala multikolinearitas dan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil pada uji menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Hal ini diperkuat dengan hasil uji F yang menunjukkan bahwa ke 3 variabel bebas memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan kompetensi literasi dan entrepreneurship di sekolah harus terus ditingkatkan untuk mendorong digital entrepreneurship siswa SMK. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu pendidikan orang tua pekerjaan orang tua serta fasilitas pendukung dan kompetensi guru yang harus terus ditingkatkan. Dengan demikian pola pikir siswa akan tertanam jiwa digital entrepreneurship dalam rangka menghadapi tantangan masa depan yang berbasis teknologi digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347430

Actions (login required)

View Item View Item