Pengembangan komik akuntansi sebagai media pembejaran oada pokok bahasan kertas kerja kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / M. Juniar Pradesa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik akuntansi sebagai media pembejaran oada pokok bahasan kertas kerja kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / M. Juniar Pradesa

Pradesa, M. Juniar (2014) Pengembangan komik akuntansi sebagai media pembejaran oada pokok bahasan kertas kerja kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / M. Juniar Pradesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pradesa M. Juniar. 2014. Pengembangan Komik Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Kertas Kerja Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed (2) Ika Putri Larasati. S.E. M.Com Kata kunci Media Pembelajaran Komik 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Untuk memaksiimalkan hasil proses pembelajaran tersebut sebaiknya dilakukan dengan keadaan yang menyenangkan yang dikarenakan akan lebih efisien. Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan guru dituntut lebih kreatif inovatif dalam menggunakan media. Penggunaan media visual yaitu yang berupa komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan akan memeberikan hiburan kepada pembaca. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan komik Akuntansi sebagai media pemebelajaran yang layak digunakan mengetahui efektifitas komik dalam meningkat kan hasil belajar siswa dan mengetahui efektifitas komik dalam meningkatkan motivasi bejar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. 12288 12288 12288 12288 Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Borg dan Gall (dalam Sugiyono 2010). Tahapan yang digunakan meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi media 5) revisi media dan 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produk akhir. Validasi media komik dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dalam pengembangan komik Akuntansi sebagai media pemebelajaran pada pokok bahasan kertas kerja didapatkan hasil berdasarkan uji validasi didapatkan tingkat kevalidan dari ahli materi sebesar 92% (valid layak digunakan) ahli media sebesar 93% (valid dan layak digunakan) sedangan dari tanggapan respon siswa memiliki angka kevalidan sebesar 83% (valid dan layak digunakan). Berdasarkan uji t terhadap hasil gain menunujukk anangka yang signifikan. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas control dan eksperimen. Pada motivasi belajar dari hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar antara siswa kelas kontrol dan eksperimen. Media komik akuntansi dapat meningkatkan motivasi beljar siswa secara signifikan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi guru dalam hal peningkatan kualitas pendidikan dan dapat dijadikan referensi sumber belajar yang dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34743

Actions (login required)

View Item View Item