Pengembangan modul pembelajaran praktikum akuntansi perusahaan dagang di SMKN 1 Boyolangu / Indayah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran praktikum akuntansi perusahaan dagang di SMKN 1 Boyolangu / Indayah</p>

Indayah (2022) Pengembangan modul pembelajaran praktikum akuntansi perusahaan dagang di SMKN 1 Boyolangu / Indayah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indayah. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang di SMKN 1 Boyolangu Tesis Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto S.T M.Pd. (II) Marsono S.Pd. M.Pd. Ph. D. Kata Kunci Modul Akuntansi Four-D models Modul Praktik Akuntansi Manual Pengembangan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) Menghasilkan Modul pada pembelajaran praktikum akuntansi perusahaan dagang yang diuji cobakan pada siswa akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu yang sudah menempuh pembelajaran akuntansi perusahaan dagang (2) Menghasilkan kelayakan modul pembelajaran praktikum akuntansi perusahaan dagang pada siswa SMK Negeri 1 Boyolangu yang sudah menempuh mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa dagang dan manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan four-D (4D) models dengan empat tahapan pokok yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Modul Akuntansi sesuai dengan model pengembangan four-D models.Define diperoleh hasil bahwa siswa membutuhkan modul yang dapat meningkatkan kompetensi siswa serta membantu belajar mandiri. Design diperoleh hasil modul yang sesuai kebutuhan siswa berupa modul praktikum akuntansi perusahaan dagang. Develop dilakukan validasi oleh ahli revisi sesuai saran ahli serta uji coba pengembangan di kelas XII Akuntansi. Disseminate dilakukan penyebaran modul di SMK Negeri 1 Boyolangu Kelayakan Modul Akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rerata skor 3 93 (layak) ahli media diperoleh rerata skor 4 02 (layak) dan praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh rerata skor 3 95 (layak) Penilaian siswa terhadap Modul Akuntansi diperoleh rerata skor 3 95 (sangat layak)

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347429

Actions (login required)

View Item View Item