Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran akuntansi keuangan Kelas XI akuntansi di SMKN 1 Boyolangu / Yuli Ratnasari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran akuntansi keuangan Kelas XI akuntansi di SMKN 1 Boyolangu / Yuli Ratnasari</p>

Ratnasari, Yuli (2022) Pengembangan e-modul pembelajaran mata pelajaran akuntansi keuangan Kelas XI akuntansi di SMKN 1 Boyolangu / Yuli Ratnasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran akuntansi di sekolah siswa masih minim didalam menggunakan modul karena belum tersedianya modul yang sesuai dengan kompetensi siswa. Pada pelajaran akuntansi keuangan siswa di tuntut untuk mampu memahami materi dan soal yang ada untuk itu perlu adanya e- modul akuntansi keuangan yang bisa menarik siswa untuk aktif didalam mengerjakan soal berbentuk studi kasus sehingga mampu meningkatkan kompetensi siswa akuntansi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul peembelajaran mata pelajaran akuntansi keunagan kelas XI akuntansi di SMKN 1 Boyolangu meliputi merancang e-modul pembelajaran akuntansi untuk mengetahui validitas e-modul pembelajaran akuntansi keunagan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul pembelajaran akuntansi keuangan kelas XI di SMKN 1 Boyolangu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research Development) atau 4D yang bertujuan untuk menghasilkan produk baru dari hasil pengembangan instrument pengumpulan data terdiri dari instrument studi pendahuluan instrument validasi ahli. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara kuisoner dan dokumentasi. Analisis datanya adalah kevalidan e-modul pembelajaran akuntansi keuangan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan menghasilkan produk akhir berupa e-modul akuntansi keuangan dengan materi yang ada di semester ganjil. Analisis kelayakan ahli materi dengan skor rata-rata 3 94 kelayakan ahli media 3 95 kelayakan oleh praktisi akuntansi 3 95 dan hasil penilaian siswa terhadap modul adalah 3 95 dari hasil penelitian untuk pengembangan e-modul akuntansi keuangan ini layak digunakan oleh siswa kelas XI di SMKN 1 Boyolangu. Saran yang disampaikan terkait hasil penelitian adalah pengembangan Modul Akuntansi Keuangan perlu dilakukan untuk standart kompetensi mencatat piutang dan mencatat penilaian piutang wesel. Modul Akuntansi Keuangan yang telah dikembangkan diharapkan dapat digunakan di sekolah-sekolah yang memiliki karakteristik sama dengan karakteristik sekolah uji coba.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347427

Actions (login required)

View Item View Item