Kasmi (2022) Analisis pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untukmenumbuhkan jiwa entrepreneur dan kecerdasan finansial siswa SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Kamsi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SMK merupakan lembaga formal yang dapat menunjukkan keterampilan dalam bidang tertentu. Kewirausahaan SMK seharusnya dapat menonjol seiring dengan masih banyaknya pengangguran. Pembelajaran terkait kewirausahaan dapat dipergunakan SMK sebagai bekal masa depan. Upaya SMK dalam memberikan pembelajaran untuk siap mandiri serta produktif yaitu dengan melakukan praktik pendirian perusahaan yang dikemas pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). SMK yang menyelenggarakan praktik tersebut yaitu SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PKK untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dan kecerdasan finansialsiswa SMK di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung tahun2020/2021. Metode Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu ketua program studi guru PKK dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pembelajaran PKK untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dan kecerdasan finansial SMKN 1 Boyolangu yaitu sekolah melakukan kegiatan yang diawali dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi kendala serta pemecahan masalah. Perencanaan yang dimaksud meliputi rapat koordinasi kelengkapan administrasi perangkat pembelajaran PKK dan kesiapan teknik dengan mendatangkan pelaku usaha produktif. Pelaksanaan pembelajaran PKK berjalan sesuai dengan perencanaan yaitu dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur dan kecerdasan financial dengan cara mendirikan perusahaan kecil. Namun terdapat kendala yaitu kurangnya pengalaman guru dan siswa sehingga sebagai penangannya mendatangkan pelaku usaha dan memberikan solusi yang tepat yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam berwirausaha. Disamping itu dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur dan kecerdasan finansial siswa diberikan suatu teori praktik mendirikan perusahaan seminar pelatihan serta event kewirausahaan. Sekolah dan terutama guru memberikan monitoring dan pengawasan kepada siswa. Apabila terdapat sebuah kendala siswa mencari tahu dari senior mengenai pengalaman berwirausaha. Guru memberikan bimbingan dan memberikan akses dengan mendatangkan praktisi wirausaha produktif untuk saling tanya jawab terkait kendala di lapangan serta solusi. Guru juga mendatangkan instruktur ketrampilan serta perbankan terkaitpermodalan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |