Evaluasi pembelajaran daring dengan model kirkpatrick pada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Boyolangu / Ninik Sriwidayati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pembelajaran daring dengan model kirkpatrick pada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Boyolangu / Ninik Sriwidayati</p>

Sriwidayati, Ninik (2022) Evaluasi pembelajaran daring dengan model kirkpatrick pada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Boyolangu / Ninik Sriwidayati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sriwidayati Ninik. 2022. Evaluasi Pembelajaran Daring dengan Model Kirkpatrick pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widiyanti M.Pd. (II) Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Ph.D. Kata kunci Pembelajaran daring Evaluasi model Kirkpatrick Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Saat ini seluruh belahan dunia tengah dilanda pandemi Covid-19 sejak awal bulan Maret 2020 termasuk juga Indonesia. Dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini tidak hanya di bidang ekonomi dan sosial saja namun bidang pendidikan juga terkena dampak dari pandemi Covid-19 sehingga mau tidak mau pendidikan di Indonesia harus mampu beradaptasi dengan keadaan saat ini. Proses belajar mengajar yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah berubah dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh di rumah atau biasa disebut dengan pembelajaran daring (E-learning). Hal ini dilakukan agar sekolah tetap memberikan suatu layanan pembelajaran yang berkualitas dalam jaringan yang bersifat masif dan terbuka agar siswa tetap dapat terus belajar dalam ruang belajar yang lebih luas. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa selama pembelajaran daring dan sejauh mana kedalaman materi yang dikuasai oleh siswa selama melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif jenis penelitiannya adalah penelitian evaluasi dengan model kirkpatrick fokus pada level 1 reaction dan level 2 learning dengan melibatkan 180 responden siswa program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah sampel populasi yaitu seluruh kelas XI dan XII program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. Adapun metode pengambilan data adalah dengan menggunakan data primer yang berupa kuesioner tertutup dan data sekunder berupa wawancara yang tidak terstruktur. Hasil penelitian pada level reaction secara umum bisa dikatakan puas/ setuju terhadap pembelajaran daring yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa 6% siswa sangat puas 94% siswa puas sedangkan kurang puas dan tidak puas 0%. Hal ini dikarenakan pada saat penelitian ini diambil siswa sudah merasa nyaman dan terbiasa melaksanakan pembelajaran daring penguasaan IT siswa dan guru selama proses pembelajaran daring juga semakin baik. Namun demikian ada beberapa item yang menjadi temuan yakni terbatasnya kuota jaringan internet yang tidak stabil tidak semua siswa mempunyai sarana dan prasarana untuk mengerjakan tugas praktikum. Pada level learning juga menunjukkan bahwa siswa puas/ setuju dengan pembelajaran yang telah dijalankan selama pandemi covid 19 pada umumnya siswa menguasai materi kompetensi dasar mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian 3% siswa sangat puas 64 % siswa puas 0% siswa kurang puas dan 1% siswa tidak puas. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan hasil diatas KKM untuk kelas XI gt 78 dan kelas XII gt 80.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347424

Actions (login required)

View Item View Item