Renytasari, Fitria (2022) Faktor-faktor yang memotivasi siswa untuk mengikuti program Kampung bahasa di SMK Negeri 1 Boyolangu pada masa pandemi covid -19 / Fitria Renytasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
English course atau kampung bahasa memiliki peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dan ada beberapa faktor yang memotivasi siswa mengikuti program kampung bahasa ini. Pada awalnya semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu mengikuti Program Kampung Bahasa ini. Namun di lapangan pada masa pandemi covid mengalami suatu permasalahan yaitu penurunan minat siswa untuk mengikuti program kampung bahasa. Hal ini mengakibatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa menurun. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal eksternal dan sosiodemografis yang memotivasi siswa untuk mengikuti program kampung bahasa di SMK Negeri 1 Boyolangu pada masa pandemi Covid -19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua program kampung bahasa 3 guru Bahasa Inggris 5 tentor 10 siswa program kampung bahasa dan 3 warga sekitar SMKN 1 Boyolangu Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.Teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui waw ancara observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif (1) pengumpulan data (data collection) (2) reduksi data (data reduction) (3) penyajian data (data display) dan (4) kesimpulan (conclusion). Temuan penelitian ini menyatakan bahwa faktor internal terdiri dari fisiologis dan psikologis. Dari faktor fisiologis menunjukkan bahwa sebagianbesar siswa kampung bahasa ada kekhawatiran penyebaran virus covid-19 dan siswa dalam kondisi baik sehat dan bersemangat selama mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan dari faktor psikologis yang paling berpengaruh yaitu kebutuhan dan ketakutan dalam berkomunikasi. Faktor Eksternal terdiri dari faktor keluarga dan sekolah. Dari faktor keluarga adalah dukungan dan motivasi orang tua serta kesediaan membayar iuran menjadi faktor yang paling berpengaruh karena orang tua adalah penyedia dana dan pemberi ijin atas keputusan anak mengikuti program kampung bahasa. Selanjutnya urutan faktor sekolah yang berpengaruh adalah peran guru Bahasa Inggris kelas X ajakan teman sekelas penjelasan tentor yang bisa diterima dengan baik media pembelajaran fasilitas yang memadai tempat untuk pembelajaran yang nyaman dan tenang serta jadwal yang efektif. Selain itu faktor sosiodemografis terdiri dari awal belajar Bahasa Inggris dan prestasi akademik. Dilihat dari awal belajar Bahasa Inggris diketahui bahwa lebih dari setengahnya siswa mulai belajar Bahasa Inggris sejak Taman Kanak Kanak dengan diawali belajar kosa kata benda-benda atau yang lainnya yang ada di sekitarnya mengenal angka dan bernyanyi. Sedangkan dilihat dari prestasi akademik hanya setengahnya siswa yang mendapatkan prestasi pada pelajaran Bahasa Inggris. Dalam pelajaran Bahasa Inggris ada empat skills yaitu listening reading speaking dan writing dan tidak semua siswa bisa menguasai ke empat skills itu dengan sangat baik. Dalam proses belajar berani berbicara menggunakan Bahasa Inggris itu sudah sangat bagus karena dalam speaking memerlukan penguasaan vocabulary grammar dan pronunciation
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |