Septiawan, Yoga Eka Wahyu (2014) Pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan kelas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum / Yoga Eka Wahyu Septiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Eka W.S. Yoga. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Lingkungan Kelas dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M. Ed. (II) Dr. H. Cipto Wardoyo. S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Kata Kunci Lingkungan Sekolah Lingkungan Kelas Disiplin Belajar Prestasi Belajar Akuntansi Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa. Pendidikan juga memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Salah satu tempat berlangsungnya pendidikan adalah di sekolah. Namun banyak fenomena yang terjadi bahwa masih ada sekolah yang kurang layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar seperti kurikulum yang kurang sesuai sulitnya akses menuju sekolah ketersediaan sarana pendukung pembelajaran yang kurang hingga kurangnya jumlah guru yang kompeten dalam bidang pelajaran akuntansi. Selain itu keadaan ruang kelas yang kurang nyaman sirkulasi udara yang kurang bagus serta kurangnya kesadaran guru untuk memanfaatkan ketersediaan alat bantu pembelajaran. Tingkat kedisiplinan siswa dalam belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Disiplin belajar sangatlah penting bagi perkembangan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui(1) apakah ada pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum (2) apakah ada pengaruh signifikan lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum (3) apakah ada pengaruh signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 149 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Isaac dan Michael dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 97 responden. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah lingkungan kelas dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garum melalui disiplin belajar siswa. Saran bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis yaitu sebaiknya variabel yang diteliti lebih diperluas agar dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34742 |
Actions (login required)
View Item |