Handayani, Endang Ary (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan adaptability dan emotional intelligence pada pembelajaran teknologi layanan jaringan / Endang Ary Handayai</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Handayani Endang Ary 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Adaptability dan Emotional Intelligence Pada Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widiyanti M.Pd. (II) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran berbasis mobile learning Adaptability Emotional intelligence Teknologi Layanan Jaringan Dalam kegiatan pembelajaran teknologi layanan jaringan di sekolah siswa masih menggunakan media belum sesuai karena belum tersedianya media yang mampu mendukung siswa untuk penyesuaian diri dari pembelajaran luring ke daring dan media yang flesibel agar mereka dapat belajar dengan nyaman tidak berada di bawah tekanan sesuai ketersediaan perangkat dan akses media. Pada pelajaran teknologi layanan jaringan siswa di tuntut untuk mampu memahami materi dan dapat praktik langsung menggunakan media dengan perangkat yang dimiliki siswa dan akses media tanpa internet sehingga mampu meningkatkan kemampuan adaptability dan emotional intelligence peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk merancang media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran teknologi layanan jaringan untuk siswa kelas XI di SMKN 1 Boyolangu mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran teknologi layanan jaringan untuk siswa kelas XI di SMKN 1 Boyolangu dan mengetahui peningkatan adaptability dan emotional intelligence siswa pada pembelajaran teknologi layanan jaringan untuk siswa kelas XI di SMKN 1 Boyolangu dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research Development) atau 4D yang bertujuan untuk menghasilkan produk baru dari hasil pengembangan instrument pengumpulan data terdiri dari instrument studi pendahuluan instrument validasi ahli. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan kuisoner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran teknologi layanan jaringan berbasis mobile learning dengan materi yang ada di semester ganjil. Analisis kelayakan aspek materi dengan skor rata ndash rata 4 74 kelayakan aspek media 4 68 kelayakan aspek bahasa 4 82 dan hasil penilaian siswa kelompok kecil terhadap modul 4 51. Analisis adaptability kelompok besar mengalami peningkatan sebesar 12 66% dan emotional intelligence kelompok besar mengalami peningkatan sebesar 12 81%. Dapat disimpulkan media yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan adaptability dan emotional intelligence dari kriteria cukup menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |