Internalisasi penguatan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (studi multi situs pada SMKN 1 Kademangan dan SMK PGRI Wlingi) / Arief Eko Setiawan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi penguatan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (studi multi situs pada SMKN 1 Kademangan dan SMK PGRI Wlingi) / Arief Eko Setiawan</p>

Setiawan, Arief Eko (2022) Internalisasi penguatan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (studi multi situs pada SMKN 1 Kademangan dan SMK PGRI Wlingi) / Arief Eko Setiawan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setiawan Arief Eko.2021. Internalisasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Multi Situs Pada SMK N 1 Kademangan dan SMK PGRI Wlingi). Tesis Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Marsono S.Pd. M.Pd Ph.D. (II) Dr.Yoto S.T. M.M. M.Pd. Kata Kunci Internalisasi Karakter Ekstrakurikuler Saat ini Bangsa Indonesia sedang mengalami degradasi moral. Masalah tersebut justru banyak terjadi pada kalangan remaja sebagai salah satu dampak dari era globalisasi dan perkembangan teknologi. Era industri 4.0 dan perkembangan teknologi dapat menimbulkan dampak positif dan negatif hampir pada semua lapisan masyarakat. Salah satu dampak negatif yang timbul adalah menurunnya karakter generasi muda. Peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut tentang internalisasi PPK melalui kegiatan ekstrakurikuler khususnya di ekstrakurikuler Pramuka di dua sekolah yaitu SMKN I Kademangan dan SMK PGRI Wlingi Kabupaten Blitar. Dengan penguatan karakter di kegiatan ekstrakurikuler diharapkan ada penguatan penanaman sikap dan mental sehingga peserta didik di SMK bisa memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik tidak hanya di suatu kegiatan tertentu tetapi selalu di implementasikan di kehidupan sehari-hari dimanapun berada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara bebas dan terbuka studi dokumentasi dan observasi. Studi multi situs harapannya bisa menyimpulkan persamaan dan perbedaan proses internalisasi penguatan pendidikan karakter di SMKN 1 Kademangan dan di SMK PGRI Wlingi khususnya di kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu dengan multi situs lebih menguatkan teori dari hasil penelitian sekaligus lebih terpercaya apabila dibanding dengan analisis kasus tunggal. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data penelitian diketahui bahwa beberapa bentuk internalisasi nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang terdapat dalam program ekstrakurikuler pramuka ialah dapat dilihat dari nilai karakter religious karakter nasionalis karakter integritas karakter mandiri dan karakter gotong royong. Selain internalisasi karakter tersebut pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga terdapat upaya pengembangan diri yang membina keterampilan peserta didik berorganisasi dan berwirausaha. Dengan mengikuti ekstrakurikuler peserta didik lebih mantap dan kuat dalam segi kekuatan karakternya sekaligus mampu menunjukkan dalam perilaku di setiap kegiatan di sekolah. Proses internalisasi karakter sangat penting diperhatikan dan dilaksanakan di setiap kegiatan ekstrakurikuler. Adanya proses penguatan karakter tersebut mampu mengubah sikap dan perilaku peserta didik menjadi lebih baik. Dampak lain tentunya untuk lembaga pendidikan bisa memaksimalkan program pengembangan sekolah yang berhubungan dengan peserta didik. Orang tua juga merasakan efek positif dengan perubahan karakter yang baik dari peserta didik setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347411

Actions (login required)

View Item View Item