Pengembangan modul elektronik sebagai sarana belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / Robita Maulidia Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik sebagai sarana belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / Robita Maulidia Rahma

Rahma, Robita Maulidia (2014) Pengembangan modul elektronik sebagai sarana belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu / Robita Maulidia Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahma Robita Maulidia. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sarana Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntasi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulastri S.Pd. M.SA. Pembimbing (2) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. Kata kunci Modul Elektronik Sarana Belajar Laporan Keuangan Penyampaian materi di sebagian besar sekolah saat ini masih menggunakan sistem konvensional dengan menggunakan media berupa buku pegangan seperti modul cetak. Tak terkecuali dalam pembelajaran akuntansi. Penggunaan model pembelajaran konvensional dan modul cetak dianggap kurang efektif dikarenakan siswa menganggap pembelajaran kurang menarik dan cenderung membosankan. Melihat permasalahan tersebut maka penelitian menawarkan sebuah modul elektronik yang berisi materi laporan keuangan. Dengan adanya penggunaan modul yang variatif diharapkan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa dalam pembelajaran peralatan multimedia yang lengkap di sekolahpun dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tujuan dari pengembangan modul elektronik ini adalah menghasilkan modul elektronik pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa dengan bantuan software Autoplay Media Studio 8. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model dan pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah penilaian terhadap bahan ajar bersumber dari angket tertutup sedangkan data kualitatif berupa kritik saran dan pendapat secara umum tentang modul elektronik dari validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas. Data yang diperoleh dari hasil analisis keseluruhan validasi dari ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 89 15% ahli media memperoleh rata-rata presentase sebesar 92 82% dan uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata sebesar 94 31%. Sehingga rata-rata secara keseluruhan validasi sebesar 92 09%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi elektronik dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Batu. Adapun keterbatasan penelitian ini adalah materi yang ditampilkan hanya laporan keuangan saja serta penelitian hanya sampai pada tahap kelayakan. Sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji keefektifaan modul elektronik akuntansi serta merancang modul elektronik akuntansi dengan materi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34741

Actions (login required)

View Item View Item