Ardhianzah, Rizal (2022) Studi tentang pengelolaan unit produksi dan jasa dalam meningkatkan keterampilan siswa dan keterserapan tamatan program keahlian teknik pengelasan / Rizal Ardhianzah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Unit Produksi dan Jasa (UPJ) adalah salah satu bentuk kegiatan pendidikan dan latihan yang fokus pada dunia kerja. Pengelolaan UPJ yang baik akan menghasilkan jasa dan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat menghasilkan keuntungan ekonomi bagi sekolah memberikan pengalaman kerja bagi siswa meningkatkan keterampilan pengetahuan dan kemampuan siswa menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dan meningkatkan keterserapan lulusan pendidikan kejuruan di dunia industri. Penelitian ini menyelidiki pengelolaan Unit Produksi dan Jasa (UPJ) di SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung yang berfokus pada perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung dipilih karena merupakan sekolah favorit yang memiliki kompetensi keahlian Teknik pengelasan di Tulungagung dan memiliki UPJ Pengelasan dengan peralatan yang lengkap dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten sehingga produk-produknya banyak dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan pengelolaan faktor pendukung dan faktor penghambat UPJ. Selama proses pengumpulan data peneliti mewawancarai guru pembimbing UPJ kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan SMK Sore Tulungagung guru pembimbing UPJ kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan SMKN 2 Tulungagung kepala kompetensi keahlian teknik pengelasan SMK Sore Tulungagung kepala kompetensi keahlian teknik pengelasan SMKN 2 Tulungagung bendahara SMK Sore Tulungagung bendahara SMKN 2 Tulungagung anggota BKK SMK Sore Tulungagung dan anggota BKK SMKN 2 Tulungagung dan melakukan pengamatan di kelas sebanyak empat kali di masing-masing sekolah. Hasil data diolah dan dianalisis secara deskriptif dengan mengorganisasikan dan membandingkan data dengan beberapa teori yang berhubungan. Hasil dari analisis data menunjukkan beberapa temuan. Pertama perencanaan Unit Produksi dan Jasa (UPJ) di SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung meliputi (1) perencanaan dan penyusunan jadwal UPJ (2) perencanaan anggaran untuk membeli alat dan bahan yang digunakan untuk kegiatan produksi sebelum dipasarkan kepada masyarakat dan (3) perencanaan sarana prasarana. Kedua pengorganisasian UPJ di SMK Sore Tulungagung meliputi kepala sekolah sebagai penanggung jawab wakil kepala bagian sarana sebagai direktur kepala kompetensi keahlian teknik pengelasan sebagai prasarana manajer guru kewirausahaan sebagai bendahara dan kepala tata usaha sebagai pengawas dan pengorganisasian UPJ di SMKN 2 Tulungagung meliputi kepala kompetensi keahlian teknik pengelasan sebagai ketua dan pengawas guru kewirausahaan sebagai bendahara dan guru praktik teknik pengelasan sebagai pelaksana. Ketiga pelaksanaan Unit Produksi dan Jasa (UPJ) di SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung dilakukan dengan persiapan praktik UPJ pembinaan praktik UPJ dan pemasaran produk UPJ. Ketiga kegiatan pelaksanaan ini mampu untuk meningkatkan keterampilan siswa dan keterserapan tamatannya dalam dunia kerja. Keempat pengawasan pada UPJ Teknik pengelasan SMK Sore Tulungagung dilakukan oleh kepala kompetensi keahlian di bawah kendali kepala tata usaha dan pengawasan pada UPJ Teknik pengelasan di SMKN 2 Tulungagung dilakukan oleh kepala kompetensi keahlian dan dilaporkan kepada kepala sekolah. Kegiatan ini dilakukan untuk mengawasi proses produksi dan proses pelaporan keuangan. Kelima faktor pendukung pelaksanaan UPJ di SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung meliputi sarana dan prasarana yang memadai sumber daya manusia yang unggul dana pengelolaan yang cukup lokasi yang strategis dan produk dan pangsa pasar yang jelas. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan Unit Produksi dan Jasa (UPJ) di SMK Sore dan SMKN 2 Tulungagung meliputi keterbatasan waktu guru sebagai pengajar di kelas dan sebagai pembimbing di UPJ dan tempat praktik UPJ yang belum ada sehingga harus bergantian dengan praktik yang lain. Berdasarkan hasil temuan beberapa saran telah dibuat. Untuk siswa SMK Sore dan siswa SMKN 2 Tulungagung diharapkan dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan mengembangkan kemampuan/ keterampilannya di UPJ sebagai bekal untuk kerja di industri untuk guru pengajar SMK Sore Tulungagung dan guru pengajar SMKN 2 Tulungagung diharapkan dapat membimbing siswa dan meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat produk dengan cara mempelajari media massa mengunjungi pameran dan mengembangkan kreatifitas untuk UPJ SMK Sore Tulungagung dan SMKN 2 Tulungagung diharapkan dapat mencari solusi dalam menangani berbagai faktor penghambat dalam pengelolaan UPJ dan mengelola UPJ dengan baik sesuai aturan Dikmenjur yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai tambahan referensi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |