Analisis implementasi karakter kerja peserta didik kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMK &ldquo;sore&rdquo; Tulungagung / Santoso Hardiyansah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi karakter kerja peserta didik kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMK &ldquo;sore&rdquo; Tulungagung / Santoso Hardiyansah</p>

Hardiyansah, Santoso (2022) Analisis implementasi karakter kerja peserta didik kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMK &ldquo;sore&rdquo; Tulungagung / Santoso Hardiyansah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardiyansah Santoso. 2022. Analisis Implementasi Karakter Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Didik Nurhadi S.Pd M.Pd Ph.D (2) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes. Kata kunci karakter kerja pengembangan karir lulusan berkarakter Konteks penelitian ini yaitu masih lemahnya implementasi karakter kerja yang diterapkan di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung sehingga perlu ada masukan dari pihak DU/DI untuk menyesuaikan kebutuhan karakter kerja oleh DU/DI kemudian dibantu oleh peran guru BK agar implementasi dapat berjalan lancar. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi karakter kerja pada peserta didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung mendeskripsikan karakter kerja peserta didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang dibutuhkan oleh DU/DI dan menganalisis peran BK dalam mendukung penerapan karakter kerja peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung dan Suzuki UMC Tulungagung. Subjek penelitian adalah guru produktif TKRO guru BK SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung dan kepala bengkel Suzuki UMC Tulungagung. Objek penelitian adalah karakter kerja peserta didik kompetensi keahlian TKRO SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur observasi dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan data secara triangulasi yang meliputi data observasi wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter kerja yang diterapkan guru produktif TKRO di sekolah adalah Religius Kedisiplinan Jujur Kreatif Mandiri Tanggung jawab Komunikatif Integritas Nasionalis Gotong-royong. Karakter kerja yang diterapkan di sekolah harus didukung oleh pribadi peserta didik orang tua selaku orang terdekat dengan peserta didik dan lingkungan masyarakat yang peduli kepada perkembangan anak atau peserta didik. Selain itu penerapan pendidikan karakter kerja juga harus diimplementasikan bersama dengan seluruh warga sekolah saling bersinergi agar dapat terbiasa dalam melakukan karakter yang baik tersebut. Karakter kerja yang dibutuhkan oleh DU/DI otomotif adalah Kejujuran disiplin ketekunan kreativitas kemandirian rasa ingin tahu komunikasi keterlibatan sosial tanggung jawab. Masukan dari DU/DI tentang implementasi karakter kerja di kompetensi keahlian TKRO yaitu lebih menekankan rasa percaya diri agar dapat menimbulkan kemandirian dan rasa ingin tahu menyadarkan peserta didik dengan komunikasi untuk mengurangi rasa malas dan kurang bersemangat agar ilmu yang didapatkan bisa maksimal memberikan dorongan kepada peserta didik agar tidak pilih kasih dalam hal membantu orang lain sehingga pekerjaan cepat selesai. Perlu adanya dukungan dari BK untuk menyelesaikan faktor penghambat penerapan karakter kerja tersebut melalui bimbingan karir peserta didik dan pendampingan konseling pada peserta didik yang bermasalah agar menghasilkan lulusan SMK yang berkepribadian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi karakter kerja pada peserta didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung meliputi jujur disiplin tanggung jawab komunikatif integritas religius nasionalis mandiri dan gotong-royong dan rasa ingin tahu. Namun masih ada kekurangan dalam implementasi karakter kerja tersebut terutama pada karakter disiplin tanggung jawab rasa ingin tahu dan komunikatif. Implementasi akan terlaksana dengan baik apabila didukung oleh semua pihak di sekolah tidak hanya guru produktif TKRO saja. Karakter kerja peserta didik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang dibutuhkan oleh DU/DI meliputi kejujuran disiplin dedikasi tanggung jawab kreativitas kemandirian rasa ingin tahu komunikasi peduli sosial. DU/DI selalu mendukung implementasi karakter kerja di kompetensi keahlian TKRO dengan penerapan budaya kerja pada bengkel Suzuki UMC Tulungagung. Selain itu harus ada komunikasi dan sinergi antara Suzuki UMC Tulungagung dengan guru kompetensi keahlian TKRO untuk menyamakan persepsi implementasi karakter kerja pada peserta didik agar lulusan yang dihasilkan oleh kompetensi keahlian TKRO SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung lebih kompeten dan berkarakter. Peran BK dalam mendukung penerapan karakter kerja peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter yaitu kolaborasi dan sinergi antara guru pada kompetensi keahlian guru BK dan aturan sekolah maka akan tercipta lingkungan sekolah yang kondusif dan mendukung implementasi karakter kerja tersebut. Komunikasi antara guru BK dan orang tua akan sangat membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik saat menjalani pendidikan di SMK ldquo SORE rdquo Tulungagung.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347408

Actions (login required)

View Item View Item