Rini, Agustina Mardika (2022) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis proyek pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur untuk melatih critical thinking di SMK / Agustina Mardika Rini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah upaya mewujudkan pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Keterbatasan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar yang mengacu pada kurikulum 2013 dan memerlukan pengembangan bahan ajar berbasis berbasis proyek yang menggunakan kurikulum 2013. Pengembangan bahan ajar dengan lembar kegiatan peserta didik merupakan petunjuk kerja dalam menghasilkan suatu proyek yang dikemas sedemikian rupa sehingga peserta didik diharapkan dapat belajar dengan efektif dan fokus terhadap proyek tersebut dibimbing oleh guru secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKPD berbasis proyek pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur untuk kelas XII di SMK Negeri 1 Boyolangu (2) kelayakan LKPD berbasis proyek pada mata pelajarn Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur untuk kelas XII di SMK Negeri 1 Boyolangu (3) kepraktisan LKPD berbasis proyek pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur untuk kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four-D) pada perangkat pembelajaran yaitu bahan ajar yang berupa LKPD. Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Boyolangu pada kelas XII AKL 1 XII AKL 2 dan XII AKL 3. Waktu penelitian 1 Juli s.d 30 November 2021. Responden validasi berjumlah 3 orang ahli yaitu ahli media ahli bahasa dan ahli materi. Responden kepraktisan dari 4 guru mata pelajaran akuntansi dan keuangan lembaga dan peserta didik sejumlah 107. Untuk Uji coba kelompok kecil sejumlah 14 peserta didik kelas XII AKL 1 karena asumsi peneliti untuk tingkat kemampuan akademik peserta didik dianggap sama dengan kelas lainnya. Uji coba lapangan sejumlah 93 peserta didik dari kelas XII AKL 1 XII AKL 2 dan XII AKL 3. Tenaga ahli memberikan penilaian terhadap tingkat kevalidan materi dan kesesuaian desain LKPD berbasis proyek sedangkan pendidik dan peserta didik menilai tingkat kepraktisan LKPD berbasis proyek yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kelayakan LKPD berbasis proyek berdasarkan penilaian ahli dikriteriakan sangat layak dengan persentase validasi ahli media 90% ahli bahasa 90% ahli materi 90%. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kepraktisan LKPD berbasis proyek sebagai media pembelajaran dengan persentase respon pendidik 91% uji kelompok kecil 82% dan uji lapangan 82%. Pengembangan LKPD berbasis proyek dinyatakan sangat layak dan efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disajikan pada bab hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tujuan penelitian dan pengembangan bahwa produk LKPD sudah diujicobakan dan telah memenuhi tahapan dalam model 4-D. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis proyek pada materi Praktikum Akuntansi Perusahaan jasa dagang dan manufaktur kelas XII semester gasal memenuhi kriteria valid dan praktis. Untuk kriteria valid LKPD berbasis proyek divalidasi oleh ahli materi ahli bahasa dan ahli media. Hasil angket kepraktisan dari pendidik dan peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berbasis proyek yang dikembangkan sangat sesuai dan prakatis. Saran bagi untuk membiasakan peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis proyek pada saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun diluar kelas harus mandiri atau kelompok dan guru sebagai fasilitator sehingga dapat melatih critical thinking serta menumbuhkan jiwa enterprenuer karena akan menghasilkan suatu produk nyata. Guru dapat meningkatkan standar pembelajaran yang sesuai dengan enam sintaks pada PjBL untuk melatih critical thinking peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai. Sekolah dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah dengan memenuhi sarana dan prasarana selama peserta didik melakukan kegiatan untuk menghasilkan produk manufaktur setara UMKM (contoh pembuatan infused water lemon). Peneliti yang lain dapat membuat varian-varian baru pada model pembelajaran atau lainnya sehingga dapat meningkat motivasi belajar peserta didik untuk menghasilkan produk nyata selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |