Hubungan pemahaman teaching factory dan employability skills terhadap self efficacy serta dampaknya pada kesiapan technopreneurship di era digitalisasi siswa SMKN di Kota Malang / Fitriyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemahaman teaching factory dan employability skills terhadap self efficacy serta dampaknya pada kesiapan technopreneurship di era digitalisasi siswa SMKN di Kota Malang / Fitriyah</p>

Fitriyah (2022) Hubungan pemahaman teaching factory dan employability skills terhadap self efficacy serta dampaknya pada kesiapan technopreneurship di era digitalisasi siswa SMKN di Kota Malang / Fitriyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lulusan SMK yang dipersiapkan untuk memasuki lapangan pekerjaan dalam bidang tertentu menjadi tenaga kerja maupun berwirausaha. Berbekal kemampuan dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi diharapkan lulusan SMK dapat memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga dapat dijadikan sebagai tuntutan agar dapat bekerja secara mandiri menjadi seorang technopreneurship. Kesiapan technopreneurship siswa muncul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemahaman teaching factory employability skills dan self efficacy siswa. penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat pemahaman teaching factory employability skills self efficacy dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi (2) mengungkapkan signifikansi hubungan langsung pemahaman teaching factory employability skills terhadap self efficacy (3) mengungkapkan signifikansi hubungan langsung pemahaman teaching factory employability skills self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi dan (4) mengungkapkan signifikansi hubungan langsung dan tidak langsung pemahaman teaching factory dan employability skills melalui self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN di Kota Malang yang telah menerapkan program teaching factory sebanyak 167 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Nilai reliabilitas pemahaman teaching factory yaitu 0 879 employability skills yaitu 0 844 self efficacy yaitu 0 900 dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi yaitu 0 830. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis uji prasyarat dan analisis jalur menggunakan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemahaman teaching factory dalam kategori tinggi dengan persentase 38 32% employability skills self efficacy dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi dalam kategori sedang dengan persentase 43 71% 36 53% dan 33 53%. Terdapat hubungan langsung dan signifikan antara pemahaman teaching factory dan self efficacy mempunyai nilai sig (0 000 lt 0 005) employability skills dan self efficacy mempunyai nilai sig (0 000 lt 0 005). Terdapat hubungan langsung dan signifikan antara pemahaman teaching factory dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi mempunyai nilai sig (0 000 lt 0 005) employability skills dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi mempunyai nilai sig (0 013 lt 0 005) dan self efficacy dan kesiapan technopreneurship di era digitalisasi mempunyai nilai sig (0 000 lt 0 005) (4) pemahaman teaching factory melalui self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi memiliki hubungan tidak langsung lebih besar dari hubungan langsung yaitu (0 197 gt 0 049) dan employability skills melalui self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi memiliki hubungan tidak langsung lebih besar dari hubungan langsung yaitu (0 285 gt 0 028). Kesimpulan dari penelitian ini (1) ada hubungan langsung dan signifikan pemahaman teaching factory dan employability skills dengan self efficacy (2) ada hubungan langsung dan signifikan pemahaman teaching factory employability skills dan self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi (3) ada hubungan tidak langsung dang signifikan antara pemahaman teaching factory dan employability skills melalui self efficacy terhadap kesiapan technopreneurship di era digitalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347402

Actions (login required)

View Item View Item