Elabad, Zulfikar Oktoriandy (2014) Efektivitas pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) menggunakan model inquiry terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir / Zulfikar Oktoriandy Elabad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Elabad Zulfikar Oktoriandy. 2014. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Diponegoro Wagir. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc dan (II) Dr. Dodik Juliardi S.E Ak M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Inquiry Hasil Belajar Akuntansi. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang selama ini digunakan di SMA Islam Diponegoro Wagir adalah model pembelajaran konvensional. Model ini masih kurang mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Hal ini dikarenakan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar akuntansi. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dengan menggunakan model inquiry. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas pembelajaran (contextual teaching and learning) menggunakan model inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Rancangan penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design). Subyek penelitian yang digunakan adalah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 19 orang dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan post-test beserta lembar observasi sebagai pendukung hasil penelitian. Kegiatan analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menerapkan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) menggunakan model inquiry lebih efektif dari pada penggunaan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMA Islam Diponegoro Wagir. Selain itu pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) menggunakan model inquiry mendapat respon yang positif dari siswa yang terlihat dari hasil observasi saat proses pembelajaran pada kelas eksperimen jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang digunakan di kelas kontrol. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah responden yang digunakan sama dengan subyek penelitian sehingga uji coba validitas dan reliabilitas pada setiap butir soal menjadi lemah. Oleh karena itu peneliti menggunakan alternatif lain yaitu menggabungkan beberapa siswa dari kedua kelas tersebut dalam menentukan analisis validitas dan reliabilitas soal. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mencari responden yang berbeda agar menghasilkan validitas dan reliabitas yang kuat. Di samping itu model pembelajaran inquiry masih perlu dibiasakan penggunaannya dalam proses kegiatan pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal perlu dibiasakan penggunaan langkah-langkah yang ada dalam model inquiry kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34740 |
Actions (login required)
View Item |