Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving siswa multimedia sebagai pembekalan praktik kerja lapangan / Elyana Frisca Monica</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving siswa multimedia sebagai pembekalan praktik kerja lapangan / Elyana Frisca Monica</p>

Monica, Elyana Frisca (2022) Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving siswa multimedia sebagai pembekalan praktik kerja lapangan / Elyana Frisca Monica</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia saat ini sedang dilanda wabah corona virus desease (covid-19) termasuk di Indonesia. Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Desember 2019 dengan 4.231.046 kasus positif per 13 Oktober 2021. Perubahan besar terjadi pada berbagai bidang baik ekonomi sosial politik dan pendidikan. Salah satu jenjang pendidikan menengah yang ada di Indonesia adalah SMK. SMK adalah jenjang pendidikan menengah yang selama pembelajarannya siswa disiapkan untuk memasuki dunia kerja dan dunia usaha. Untuk menunjang tercapainya tujuan dari SMK kurikulum SMK memiliki program Praktik Kerja Lapangan (PKL). Ketika siswa Kompetensi Keahlian Multimedia menjalankan PKL kendala yang dihadapi adalah belum tersampaikannya materi dan praktik yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA. Sebelum pelaksanaan PKL sekolah mengadakan program pembekalan tetapi selama pandemi covid-19 pembekalan dilaksanakan secara online sehingga perlu adanya sumber belajar yang bisa digunakan untuk mendukung program tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sumber belajar berbasis mobile learning yang digunakan sebagai sarana dalam pelaksanaan pembekalan PKL selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis Design Developmen Implementation and Evaluation). Alasan penggunaan model ADDIE dikarenakan model tersebut menggunakan pendekatan sistematis dimana memiliki evaluasi di setiap akhir tahapan sehingga bisa meminimalisir tingkat kesalahan dan kekurangan produk yang dikembangkan. Pengujian dilakukan oleh ahli materi ahli media uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Instrumen pengumpulan data untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan sumber belajar menggunakan angket sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan creative problem solving siswa menggunakan tes tulis. Teknik analisis data hasil skor angket menggunakan data kuantitatif sedangkan hasil tes tulis menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji-t dan independen tes. Hasil penelitian dan pengembangan pada sumber belajar ini sesuai dengan pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa sumber belajar layak digunakan untuk sarana pendukung kegiatan pembelajaran secara mandiri. Persentase kelayakan dari dua ahli media sebesar 81 67% dengan kriteria sangat layak tanpa perlu adanya revisi. Sedangkan persentase kelayakan dari tiga ahli materi sebesar 80% yang mendapatkan kriteria layak tanpa perlu adanya revisi. Hasil respon siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Langkah selanjutnya adalah uji coba lapangan atau kelompok besar yang mendapatkan persentase kelayakan sebesar 81 58%. Sedangkan untuk mengukur peningkatan kemampuan creative problem solving siswa didapatkan dari pelaksanaan pretest dan posttest. Pengujian dilakukan menggunakan paired sample t-test. Hasil dari uji tersebut didapatkan output pair nilai sig (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari data di atas maka sumber belajar berbasis mobile learning layak untuk digunakan sebagai sarana pendukung pembekalan PKL dan memiliki pengaruh terhadap kemampuan creative problem solving siswa sebelum dan setelah diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347399

Actions (login required)

View Item View Item