Huda, Syaiful (2014) Pengaruh internal locus of control terhadap prestasi belajar akuntansi melalui kebiasaan belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo / Syaiful Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Huda Syaiful. 2014. Pengaruh Internal Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Akuntansi melalui Kebiasaan Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. CA. Kata kunci Internal Locus of Control Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Dalam konteks pendidikan terutama dalam hubungannya dengan perilaku dan hasil akhir internal locus of control dan kebiasaan belajar merupakan faktor penentu bagaimana seorang siswa berperilaku untuk berusaha dalam mencapai keberhasilan dalam belajar. Jadi ketika siswa memandang pentingnya suatu usaha maka kebiasaan belajar siswa menjadi lebih baik sehingga prestasi belajarnya akan meningkat. Oleh karena itu internal locus of control dan kebiasaan belajar merupakan faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh internal locus of control terhadap kebiasaan dan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini tergolong dalam penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-Kabupaten Situbondo yang terdiri dari 8 sekolah. Teknik sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan membagi populasi menjadi 2 kelompok sehingga diperoleh 2 sekolah dari setiap kelompok yaitu SMA Negeri 1 Situbondo dan SMA Negeri 1 Asembagus dengan jumlah sampel 140 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur internal locus of control dan kebiasaan belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar akuntansi. Analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 22 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan internal locus of control terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0 000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0 05. (2) terdapat pengaruh positif signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0 000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh positif signifikan internal locus of control terhadap kebiasaan belajar yang ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0 000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. (4) terdapat pengaruh tidak langsung internal locus of control terhadap prestasi belajar melalui kebiasaan belajar yang ditunjukkan dengan koefisien jalur tidak langsung sebesar 0 2295. Dengan demikian dapat dikatakan semakin tinggi internal locus of control siswa (semakin internal) maka semakin baik kebiasaan belajarnya sehingga berdampak terhadap prestasi belajarnya yang meningkat. 12288 12288 12288 12288 Oleh karena itu sekolah berperan penting untuk melakukan pembinaan dan konseling dalam meningkatkan internal locus of control dan kebiasaan belajar siswa mengingat internal locus of control dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan dalam meningkat prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34739 |
Actions (login required)
View Item |