Pramesti, Tysna Dyah Ayu (2014) Pengembangan modul berbasis digital dalam pembelajaran pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang / Tysna Dyah Ayu Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pramesti Tysna Dyah Ayu. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Digital dalam Pembelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd. M.M. (II) Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci pengembangan modul digital pembelajaran akuntansi 12288 12288 12288 12288 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah menghasilkan pembelajaran berbasis multimedia dengan memanfaatkan media pembelajaran yang semakin canggih sebagai sumber belajar. Input Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta adanya sarana Teknologi Informasi yang memadai di sekolah membutuhkan inovasi pembelajaran yang kreatif dan mandiri. Salah satu inovasi yang dapat dikembangkan adalah bahan ajar berupa modul berbasis digital yang keberadaannya dimaksudkan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif serta efisien. Modul berbasis digital memungkinkan siswa untuk belajar dengan aktif dan mandiri sehingga pengalaman yang didapatkan akan lebih banyak. Hal tersebut dapat menjadi solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar modul berbasis digital apabila diterapkan pada pembelajaran akuntansi dan mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar modul berbasis digital. Uji coba produk dilakukan dengan melibatkan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain media dalam bahan ajar kemudian diuji-cobakan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Malang sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari angket lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan modul ini adalah teknik analisis deskriptif presentase yaitu dengan mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase dan kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Untuk mengetahui keefektifan modul dilakukan uji normalitas dan uji hipotesis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modul berbasis digital layak/valid untuk digunakan dalam pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang (2) modul berbasis digital efektif digunakan sebagai bahan ajar di kelas karena mengubah perilaku siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 19 9% berdasarkan nilai pretest-posttest yang diberikan (3) modul berbasis digital secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar terbukti pada uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34738 |
Actions (login required)
View Item |