Evaluasi program pembelajaran multimedia di SMK berbasis pondok pesantren menggunakan model kirkpatrick / Inggar Tri Agustin Mawarni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran multimedia di SMK berbasis pondok pesantren menggunakan model kirkpatrick / Inggar Tri Agustin Mawarni</p>

Mawarni, Inggar Tri Agustin (2022) Evaluasi program pembelajaran multimedia di SMK berbasis pondok pesantren menggunakan model kirkpatrick / Inggar Tri Agustin Mawarni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMK berbasis Pondok Pesantren merupakan gabungan dari SMK dan pondok pesantren. SMK berbasis pondok pesantren diharapkan dapat mencetak santri yang paham terhadap ilmu agama dan ilmu dunia. Salah satu SMK berbasis pondok pesantren yaitu SMK Telekomunikasi Darul Ulum dimana SMK tersebut memiliki 3 kompetensi keahlian namun kompetensi keahlian yang cukup diminati oleh para siswa maupun calon siswa karena mempunyai potensi dalam bidang pekerjaan yang sangat luas yaitu Multimedia. Tujuan kompetensi keahlian Multimedia adalah membekali siswa dengan pengetahuan keteterampilan dan sikap agar kompeten di bidang Multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren dapat diselenggarakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluatif dengan pendekatan model Kirkpatrick. Model evaluasi Kirkpatrick memiliki 4 level evaluasi reaksi pembelajaran perilaku dan hasil. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang mengikuti program pembelajaran Multimedia berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah 10 siswa yang mengikuti program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren. Instrumen peneltian ini yaitu kepuasan siswa pada program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren dan hasil pembelajaran siswa pada program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren. Analisis data yang digunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kepuasan siswa pada program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren dengan kategori baik. Evaluasi program pembelajaran Multimedia pada level belajar secara umum memberikan dampak positif setelah menerima program pembelajaran Multimedia di SMK berbasis pondok pesantren dalam aspek pengetahuan keterampilan dan sikap sehingga siswa peserta didik maupun lulusan mempunyai kompetensi yang baik. Ini dapat disimpulakan bahwa evaluasi program pembelajaran Multimedia pada di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang efektif dalam meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap siswa ketika mengikuti program pembelajaran Multimedia

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347373

Actions (login required)

View Item View Item