Santoso, Agus (2014) Active collaborative teamwork learning pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS 2 SMAN 6 Malang / Agus Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Santoso Agus. 2014. Active Collaborative Teamwork Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS 2 SMAN 6 Malang. Skripsi. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Suparti M.P (2) DR. Dyah Aju Wardhani S.E. M.Si. AK. Kata kunci Model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning keaktifan belajar hasil belajar Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berorientasi teacher center beralih pada pembelajaran yang berorientasi student center menjadikan pembelajaran tidak lagi dominan oleh guru dan suasana kelas yang pasif. Konsep keberhasilan yang diperkenalkan dalam pembelajaran juga semakin bergeser dari kemandirian (independence) menjadi saling ketergantungan (interdepencence). Salah satu model yang dibangun dengan prinsip aktif adalah model pembelajaran collaborative teamwork learning. Namun walaupun paradigma telah berganti dan siswa menjadi pemeran utama guru tetap memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran baik sebagai fasilitator model maupun coach. Penelitian ini bermula dari sering ditemukannya kesulitan siswa dalam memahami materi jurnal khusus dalam perusahaan dagang. Suasana kelas seharusnya terjadi interaksi tidak hanya antara siswa dengan guru akan tetapi juga antara siswa dengan siswa lainnya. Kecenderungan diterapkannya pembelajaran konvensional yang tidak jauh dari tugas-tugas individu membuat pembelajaran yang kurang kondusif dan monoton bagi siswa sehingga minat belajar siswa menjadi menurun dan dampaknya adalah hasil belajar mereka. Dampak lain juga terlihat dari lamanya waktu pengajaran untuk materi tersebut sehingga berpengaruh pula pada pengajaran materi akuntansi selanjutnya. Untuk itu penerapan model pembelajaran collaborative teamwork learning menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil lokasi di SMAN 6 dengan subjek penelitian pada kelas XII IPS 2 tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data berupa data kognitif yang diambil dengan nilai pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa diketahui melalui selisih antara nilai pretest dan posttest (gain score). Selain itu aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran juga diamati melalui observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan masing-masing indikator dalam aktivitas belajar sebagai data afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilihat dari aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru meningkat sebesar 15 5% yaitu sebesar 65 5% pada siklus I dan sebesar 81% pada siklus II sedangkan motivasi belajar siswa meningkat sebesar 12 68% yang pada siklus I 69 12% menjadi 81 8% pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal meningkat sebesar 19 47% dari 60 94% menjadi 80 41%. Saran peneliti bagi guru akuntansi model pembelajaran collaborative teamwork learning dapat dijadikan referensi bagi guru dalam menyampaikan materi akuntansi jurnal khusus sehingga dengan model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian yang sama supaya lebih kreatif dalam mendesign pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34734 |
Actions (login required)
View Item |