Sakdiyyah, Dewi Ayu (2022) Pengembangan modul ajar ekonomi berbasis pembelajaran discovery pada kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Dewi Ayu Sakdiyyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sakdiyyah Dewi Ayu. 2022. Pengembangan Modul Ajar Ekonomi Berbasis Pembelajaran Discovery pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi pada Sekolah Penggerak SMANegeri 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri). Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Modul Ajar Ekonomi Pembelajaran Discovery Kurikulum Merdeka Berpikir Kritis. Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini mulai mengimplementasikan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka sebagai upaya dalam mendukung pemulihan pembelajaran. Disisi lain peserta didik pada abad 21 juga perlu diberdayakan dengan berbagai keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Sehingga dibutuhkan perangkat ajar yang relevan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang sesuai dengan komponen penyusunan pedoman pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengembangkan produk berupa modul ajar ekonomi berbasis discovery learning pada kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMANegeri 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri. (2) menguji kelayakan modul ajar ekonomi berbasis discovery learning pada kurikulum merdeka yang telah dikembangkan melalui validasi ahli modul dan ahli materi (3) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMANegeri 5 Taruna Brawijaya antara kelas yang diberi perlakuan menggunakan modul ajar ekonomi berbasis discovery learning dan kelas yang tidak diberi perlakuan menggunakan modul ajar ekonomi berbasis discovery learning. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan Research and Development (R amp D) yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall. Model penelitian ini dimodifikasi peneliti karena menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian tanpa mengurangi substansi dan prosedur pengembangan produk. Penyesuaian juga dilakukan untuk mendukung proses pengembangan produk agar lebih sesuai dengan fokus penelitian. Adapun langkah-langkah penelitian terdiri dari delapan langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) mengembangkan produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji pelaksanaan lapangan (7) revisi produk (8) produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 ahli modul 2 ahli materi peserta didik kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X7 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara angket dokumentasi dan tes. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif persentase sementara uji peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui uji normalitas uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli modul terhadap modul ajar ekonomi yang telah dikembangkan menunjukkan hasil sebesar 90 5%. Sedangkan hasil penilaian ahli materi sebesar 92 6%. Berdasarkan penilaian tersebut didapat rata-rata penilaian sebesar 91 5% sehingga dinyatakan bahwa modul ajar ekonomi berbasis pembelajaran discovery layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya untuk peserta didik kelas X SMAN 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri. Adapun untuk mengukur perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan uji independent sample t test yang diperoleh hasil signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan modul ajar dan peserta didik yang tidak diberi perlakuan menggunakan modul ajar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul ajar ekonomi berbasis discovery learning cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini adalah peserta didik hendaknya mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan petunjuk yang ada dalam modul ajar dan mampu memanfaatkan waktu yang diberikan oleh guru secara maksimal. Sementara saran diseminasi modul ajar ekonomi berbasis discovery learning ini dapat dipublikasikan melalui link guru berbagi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Selain itu juga dapat dipublikasikan pada grup MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Ekonomi. Adapun untuk pengembangan selanjutnya hendaknya lebih meningkatkan kreativitas dalam mendesain isi modul ajar agar produk yang dihasilkan lebih menarik dan lebih interaktif. Selain itu pengembangan modul ajar selanjutnya diharapkan dapat menambahkan berbagai ilustrasi yang dapat mendukung proses pemahaman guru dan peserta didik terhadap materi khususnya pada bagian lampiran yakni bahan bacaan guru dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |