Pengembangan media pembelajaran bilingual pada mata pelajaran akuntansi di MAN Malang 2 Batu / Santya Dian Pratiwi

Pratiwi, Santya Dian (2014) Pengembangan media pembelajaran bilingual pada mata pelajaran akuntansi di MAN Malang 2 Batu / Santya Dian Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi, Santya Dian. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Bilingual pada Mata Pelajaran Akuntansi di MAN Malang 2 Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M., (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA. Kata Kunci: Media pembelajaran bilingual, akuntansi.     Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan seorang guru untuk membantu siswa agar lebih cepat memahami dalam mempelajari bidang studi tertentu. Mata pelajaran akuntansi merupakan pelajaran yang berkesinambungan sehingga memerlukan pemahaman dalam setiap tahapan. Materi neraca saldo, jurnal penyesuaian, dan neraca lajur merupakan materi yang harus dikuasai siswa secara konsep maupun praktek. Jika siswa tidak paham tentang materi tersebut, maka siswa akan kesulitan memahami materi selanjutnya. Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional sangat penting dipelajari untuk meningkatkan kualitas dan daya saing di tingkat regional dan internasional. Keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas melibatkan banyak faktor, diantaranya keaktifan siswa, tersedianya fasilitas belajar, kenyamanan dan keamanan ruangan kelas dan beberapa faktor lainnya.     Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran bilingual yang dikemas dalam CD (Compact Disc) pada materi neraca saldo, jurnal penyesuaian, dan neraca lajur untuk pelajaran akuntansi kelas XI MAN Malang 2 Batu yang dilengkapi dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.     Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan yang digunakan meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) revisi I, (6) uji coba lapangan terbatas, (7) revisi II, (8) produk akhir.     Hasil validasi oleh ahli materi, ahli teknis, ahli bahasa, dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 82,65%. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil analisis uji Paired Sample T Test memperoleh nilai 0,00 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil validasi dan uji Paired Sample T Test menunjukkan bahwa media pembelajaran bilingual yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.     Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan khususnya kepada guru untuk memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang pemanfaatan media pembelajaran. Bagi peneliti berikutnya agar mengembangkan media pembelajaran dengan materi lain dan inovasi terbaru agar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34733

Actions (login required)

View Item View Item