Peran perempuan keluarga petani dalam menginternalisasikan pendidikan ekonomi berbasis kearifan lokal / Restya Dwi Amalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran perempuan keluarga petani dalam menginternalisasikan pendidikan ekonomi berbasis kearifan lokal / Restya Dwi Amalia</p>

Amalia, Restya Dwi (2022) Peran perempuan keluarga petani dalam menginternalisasikan pendidikan ekonomi berbasis kearifan lokal / Restya Dwi Amalia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi perkembangan jaman semakin majunya teknologi saat ini yang membuat para remaja dalam menggunakan uang dengan sesuka hati membeli barang online tanpa memikir kegunaanya sehingga perempuan memiliki kontribusi yang begitu penting untuk mengajarkan pendidikan ekonomi yang sudah diajarkan secara turun-temurun. peneIitian ini memakai pendekatan kuaIitatif dengan jenis fenomenoIogi. Lokal dalam peneIitian ini berada di Desa Donowarih Kecamatan KarangpIoso Kabupaten maIang. Pemilihan informan yang dilakukan dalam penelitian yaitu menggunakan Teknik snowball. Teknik pengumpulan datanya dilaksanakan dengan wawancara pengamatan dan dokumentasi. HasiI peneIitian n menunjukkan bahwa perempuan menginternalisasikan pendidikan ekonomi dari sejak kecil menerapkan hal dalam memanfaatkan uang dengan ketilitian menabung dan hidup hemat agar anak menjadi pelaku ekonomi yang bijak. Perempuan menginternalisasi dalam pengelolaan keuangan dengan cara memberikan uang saku agar anak dapat bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Hambatan yang dirasakan diantaranya malas membantu pekerjaan orang tua cenderung berperilakukonsuntif dan berbeda pendapat dalam hal pola konsumsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347328

Actions (login required)

View Item View Item