Peran pembelajaran kewirausahaan Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang dalam membentuk santri mandiri dan berjiwa entrepreneurship spiritual / Aida Nurcholida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pembelajaran kewirausahaan Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang dalam membentuk santri mandiri dan berjiwa entrepreneurship spiritual / Aida Nurcholida</p>

Nurcholida, Aida (2022) Peran pembelajaran kewirausahaan Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang dalam membentuk santri mandiri dan berjiwa entrepreneurship spiritual / Aida Nurcholida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua yang berbasis islam di Indonesia yang memiliki karakteristik khas yang mana kegiatan pendidikannya dilaksanakan dengan waktu yang sangat padat dari pagi hingga malam atau seharian penuh. Keberadaan pesantren yang menyatu dengan masyarakat menjadikan pesantren memiliki visi hidup dari oleh dan untuk masyarakat. Adanya Visi ini menjadikan peran dan fungsi pondok pesantren harus sejalan dengan situasi serta kondisi masyarakat bangsa dan negara yang akan selalu berkembang. Banyaknya jumlah Pondok Pesantren yang tersebar di wilayah Indonesia dengan memiliki banyak santri yang bisa menjadi potensi luar biasa dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian berfokus untuk membahas terkait (1) Model pembelajaran kewirausahaan yang ada di Pondok pesantren Fathul Ulum Jombang (2) Peran pembelajaran kewirausahaan dalam membentuk Kemandirian Ekonomi (3) Peran pembelajaran Kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa Entrepreneurship Spiritual. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang berada di pondok pesantren Fathul Ulum Jombang yang berlokasi di Desa Sidowarek Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa (1) Model pembelajaran kewirausahaan yang ada di Pondok pesantren Fathul Ulum Jombang lebih menerapkan pada pembelajaran dengan model learning by doing (Belajar sambil bekerja) santri diberikan materi kewirausahaan yang kemudian dipraktekkan langsung yang dilakukan dengan kelas (teori) praktikum di lokasi usaha seminar/workshop magang pelatihan dan studi banding yang mana ini sesuai dengan teori pembelajaran konstruktif. (2) Peran pembelajaran kewirausahaan dalam membentuk kemandirian ekonomi sangat nyata sehingga mampu membuat santri dapat memiliki kemandirian ekonomi berupa Mandiri dalam berpikir memiliki keyakinan dalam bisnis memiliki investasi cash flow bebas hutang konsumtif dan memiliki kesiapan mental. Walaupun santri masih belum bisa dikatakan mandiri secara keseluruhan karena mereka lebih bergantung dengan kyai kurang mengeksplor dirinya sendiri. (3) Peran pembelajaran Kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa Entrepreneurship Spiritual sangat kuat sebab pembelajaran kewirausahaan pada santri yang ada di pondok pesantren Fathul Ulum didasarkan pada konsep dan sifat-sifat terpuji dan mulia seperti shiddiq amanah tabligh dan fathonah sebagaimana yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat Islam karena dalam pembelajaran kewirausahaan selain mendapatkan keuntungan dunia tapi juga mendapatkan keberkahan dan pahala di akhirat.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347325

Actions (login required)

View Item View Item