Mustakim (2022) Efektivitas blended learning berbantuan edmodo kolaborasi probing-prompting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Universitas Madura / Mustakim</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mustakim 2022. Efektivitas Blended Learning Berbantuan Edmodo Kolaborasi Probing-Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Madura. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Sudi S2 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Blended learning probing-prompting hasil belajar Perkembangan teknologi memberikan dampak positif terhadap pendidikan. Pelajar dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil belajar. Namun hasil belajar mengajar yang dilakukan di Universitas Madura belum mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas blended learning berbantuan edmodo kolaborasi probing-prompting dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Penentuan sampel menggunakan random sampling dari 4 kelas ganjil genap dengan total 65 mahasiswa jurusan Akuntansi di Universitas Madura. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest dengan bantuan aplikasi IBM Statistik-24. Uji normalitas menggunakan one-sample kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene dengan signifkansi 5%. Uji hipotesis dengan analisis varian dua arah berdasarkan desain factorial 2x2. Data hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar kelas BLPP dari pretest ke post-test sebesar 0 39 persen. Sedangkan kelas PPF2F peningkatan dari pretest ke post-test sebesar 0 42 persen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa model blended learning berbantuan edmodo kolaborasi probing prompting ditinjau dari segi kemampuan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Peningkatan yang diperoleh selain faktor internal juga disebabkan dari kelebihan yang ada dalam BLPP. Oleh sebab itu pemilihan model dan pendekatan yang digunakan menjadi salah satu penentu tercapainya tujuan pembelajaran. Sehingga model BLPP merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |