Anggraini, Ayu Laila (2014) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dengan materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk siswa SMA kelas XI IPS / Ayu Laila Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anggraini Ayu Laila. 2014. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dengan materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk siswa SMA kelas XI IPS. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cipto Wardoyo SE. M.Pd. M.Si. Ak. C. Pembimbing (2) Hj. Yuli Widi Astuti SE. M.Si. Ak. Kata kunci Media pembelajaran interaktif Adobe Flash CS 6 Laporan Keuangan Kurikulum KTSP menuntut guru hanya menjadi fasilitator bagi siswanya. Tetapi pada prakteknya kebanyakan sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran seperti itu juga terjadi pada mata pelajaran akuntansi. Penggunaan model pembelajaran konvensional dianggap kurang efektif dikarenakan siswa mengganggap pembelajaran kurang meenarik dan cenderung membosankan. Melihat permasalahan tersebut maka peneliti menawarkan sebuah alternatife media pembelajaran berbasis multimedia yang bersifat mandiri yaitu media pembelajaran interaktif. Media pemeblajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks gambar suara dan video dengan materi laporan keuangan perusahaan jasa. Program media pembelajaran interaktif ini dirancang dengan bantuan program Adobe Flash CS6 dan digabung dengan software Wondershare Quiz Creator. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model ppenelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket terbuka dan angket tertutup untuk mengukur pengruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa peneliti menggnakan pretest dan posttest. Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dekskriptif presentase yaitu untuk menentukan kelayakan media pembelajaran serta data nilai pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t test. Data yang diperoleh dari hasil validasi keseluruhan dari para ahli sebesar 84 23% yang artinya media pembelajaran layak digunakan dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil angket uji coba lapangan dapat dikatakan layak digunakan dengan presentase 85 96%. Hasil uji beda pretest dan posttest dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh probabilitas 0 000 0 05 yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran akuntansi. adapun keterbatasan penelitian ini adalah materi yang ditampilkan hanya laporan keuangan saja. Sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk merancang media pembelajaran interaktif dengan materi yang lebih luas seperti siklus akuntansi perusahaan jasa sehingga dapat mengoptimalkan pembelajaran akuntansi dengan media pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34732 |
Actions (login required)
View Item |