Pengaruh penggunaan metode belajar learning community terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dhika Maha Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode belajar learning community terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dhika Maha Putri

Putri, Dhika Maha (2014) Pengaruh penggunaan metode belajar learning community terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dhika Maha Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Dhika Maha. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Learning Community terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E MA MM Ak (II) Dr. Tuhardjo S.E M.Si Ak. Kata Kunci hasil belajar metode learning community Kota Malang Pembelajaran menggunakan metode masyarakat belajar mengubah pembelajaran yang konvensional menuju pembelajaran yang lebih berinovasi. Perubahan tersebut merubah siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai fasilitator. Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar. Proses pembelajaran akuntansi pada kelas XI IPS SMA Laboratorium UM Malang pada praktiknya menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar akuntansi. Kurangnya motivasi tersebut menyebabkan peserta didik malas dan tidak bersemangat dalam belajar akuntansi. Peserta didik terlihat kurang aktif padahal dalam pembelajaran akuntansi keaktifan peserta didik sangat diperlukan agar peserta didik dapat menguasai pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh menjadi maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi adalah metode pembelajaran masyarakat belajar (learning community). Dengan metode tersebut siswa dapat termotivasi untuk belajar dan hasil belajar akuntansi menjadi meningkat. Melalui proses sharing dalam metode masyarakat belajar siswa menjadi tidak segan bertanya kepada temannya yang lebih mampu sehingga pemahaman meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan bentuk desain nonquivalen control grup design. Penelitian ini mengukur satu subvariabel yaitu ranah kognitif. Penilaian kognitif mengukur kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual. Penilaian hasil belajar pada penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan metode masyarakat belajar menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi akuntansi yang dipelajari. Seiring dengan meningkatnya pemahaman siswa tentang materi akuntansi hasil belajar akan meningkat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode masyarakat belajar meningkatkan hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil pembelajaran tanpa menggunakan metode masyarakat belajar. Disarankan guru mengaplikasikan metode masyarakat belajar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari akuntansi. Siswa juga disarankan menerapkan metode masyarakat belajar dalam mata pelajaran lain selain akuntansi maupun diluar kelas secara informal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34731

Actions (login required)

View Item View Item