Pengembangan blog sebagai media pembelajaran akuntansi berbasis integrasi interkoneksi untuk kelas XI IPS MAN 3 Malang / Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan blog sebagai media pembelajaran akuntansi berbasis integrasi interkoneksi untuk kelas XI IPS MAN 3 Malang / Novita Sari

Sari, Novita (2014) Pengembangan blog sebagai media pembelajaran akuntansi berbasis integrasi interkoneksi untuk kelas XI IPS MAN 3 Malang / Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Novita. 2014. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Kelas XI IPS MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S. Pd. M.Ed. (2) Dr. Nurika Restuningdyah S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Blog Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Berbasis Integrasi Interkoneksi. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 3 Malang khususnya pada mata pelajaran akuntansi terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalah tersebut diantaranya silabus yang digunakan di MAN 3 Malang berbasis integrasi-interkoneksi dan dalam proses pembelajaran menggunakan metode ceramah atau bersifat satu arah dalam hal ini guru masih menggunakan materi seperti pada umumnya dan guru lebih dominan. Selain itu penggunaan media sangat kurang hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Melihat permasalahan yang ada maka pengembangan media sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning bentuk blog yang dapat mempermudah siswa maupun guru dalam kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup dan untuk mengukur efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis integrasi interkoneksi menggunakan Uji T-Test nilai pretest dan posttest. Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase untuk mengetahui kevalidan atau kelayakan media pembelajaran yang digunakan dan data dari Uji Paired Sample T-Test untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis integrasi-interkoneksi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil validasi keseluruhan sebesar 85 13% ini berarti media pembelajaran tersebut layak digunakan. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji Paired Sample T-Test diperoleh probabilitas 0 000 0 05 artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran blog. Jadi secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran akuntansi berbasis integrasi interoneksi ini layak digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru sebelum membuat media pembelajaran guru terlebih dahulu memahami tata cara dan cara kerja media tersebut sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Bagi peneliti lain disarankan agar dapat menggunakan media blog dengan konsep dan materi yang lain agar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34730

Actions (login required)

View Item View Item