Pengelolaan Ma'had Al Qalam dalam menunjang pembelajar di MAN 3 Malang / Fika Ardila

Ardila, Fika (2012) Pengelolaan Ma'had Al Qalam dalam menunjang pembelajar di MAN 3 Malang / Fika Ardila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: pengelolaan, maÔÇÖhad. Pengelolaan sangat penting diterapkan dalam menjalankan suatu lembaga pendidikan, termasuk pengelolaan layanan khusus maÔÇÖhad. Tanpa pengelolaan/manajemen yang baik maka akan sulit tercapai tujuan yang ingin dicapai, salah satunya adalah maÔÇÖhad yang mampu mencetak generasi yang dapat menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan umum dan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengelolaan (manajemen) yang diterapkan di maÔÇÖhad Al Qalam MAN 3 Malang, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Fokus penelitian tentang: (1) bagaimanakah perencanaan program maÔÇÖhad yang menunjang pembelajaran di MAN 3 Malang; (2) bagaimanakah pengorganisasian program yang dilakukan maÔÇÖhad yang menunjang pembelajaran di MAN 3 Malang; (3) bagaimanakah pelaksanaan program maÔÇÖhad yang menunjang pembelajaran di MAN 3 Malang; (4) bagaimanakah penilaian program maÔÇÖhad yang menunjang pembelajaran di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Madrasah ini berlokasi di MAN 3 Malang yang terletak di Jalan Bandung Nomor 7 Malang. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan, direduksi apabila tidak relevan dengan fokus penelitian, dianalisis guna menyusun dan mengabstraksikan, serta menyimpulkan temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan: (1) memperpanjang kehadiran peneliti di lapangan; (2) triangulasi dengan sumber. Kesimpulan penelitian ini meliputi: Pertama, perencanaan program MaÔÇÖhad Al Qalam, yaitu: (1) tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengarahkan dan memandu semua aktifitas yang ada di maÔÇÖhad agar tidak menyimpang visi misi dari maÔÇÖhad yaitu unggul dalam bidang akademik, non akademik dan akhlaqul kharimah; (2) bentuk perencanaan bersifat jangka pendek yaitu perencanaan selama satu tahun; (3) menyusun perencanaan dilakukan melalui rapat kerja oleh Pengurus maÔÇÖhad; (4) sumber anggaran maÔÇÖhad diperoleh dari orang tua, sekolah, dan Departemen Agama Pusat; (5) teknik penyusunan menggunakan Diagram Balok (Bar Chart) atau Diagram Gannt (Gannt Chart). Kedua, pengorganisasian program MaÔÇÖhad Al Qalam, yaitu: (1) pengorganisasian dilakukan dengan membentuk struktur organisasi berisi tugas dan wewenang yang harus dilakukan; (2) pengurus maÔÇÖhad dipilih berdasarkan Surat Keputusan MAN 3 Malang; (3) syarat pengurus asrama bersifat normatif; (4) setiap keputusan diambil berdasarkan hasil musyawarah dan diputuskan oleh Kepala maÔÇÖhad; (5) bentuk organisasi menggunakan bentuk tunggal, sedangkan lalu lintas kekuasaannya menggunakan bentuk gabungan antara staf and line. Masingii masing seksi tersebut memiliki jalur koordinatif dan dibawah instruksi serta koordinasi Direktur secara langsung. Ketiga, pelaksanaan program maÔÇÖhad alqalam, yaitu: (1) semua program yang direncanakan telah terlaksana dengan baik walaupun belum maksimal; (2) ada Motivasi, dukungan, dan kerjasama yang baik antara semua pengurus; (3) ada faktor penghambat pelaksanaan program, yaitu kendala teknis dilapangan dan karakter masing-masing anak berbeda; (4) faktor pendukung dalam melaksanakan semua program yang telah terencana adalah kepercayaan orang tua yang cukup tinggi, Dedikasi dan loyalitas para pengasuh cukup tinggi, memiliki tanggung jawab dan semangat tinggi, fasilitas sudah cukup memadai baik di maÔÇÖhad dan MAN 3 Malang dan dana tidak menjadi masalah; (5) pengelolaan anggaran dana yaitu dengan tahapan-tahapan sesuai dengan prosedur MAN 3 Malang. Keempat, penilaian program maÔÇÖhad, yaitu: (1) Penilaian dan pengawasan pengurus dilakukan melalui rapat bulanan, terjun langsung ke lapangan, dan melalui laporan dari kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksana. Sasaran penilaian untuk pengurus adalah program kegiatan dan evaluasi. Penilaian untuk siswa asrama melalui konsultan masing-masing yang mengontrol dan rapat evaluasi, ujian semester ganjil dan genap, evaluasi komprehensif dan evaluasi kegiatan santri. Media untuk mengetahui perkembangan prestasi santri adalah melalui raport berkala dan raport semester. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi: (1) Kepala MaÔÇÖhad Al Qalam MAN 3 Malang agar meningkatkan manajemen yang sudah ada sehingga untuk penyelenggaraan maÔÇÖhad di tahun mendatang lebih baik dari tahun sekarang terus meningkatkan kinerja pengurus dan pemberian motivasi kepada pengurus maÔÇÖhad; (2) Kepala MAN 3 Malang agar mendukung program yang diselenggarakan di maÔÇÖhad secara materiil dan non materiil dan meningkatkan kemampuan, semangat kerja, dan kesabaran yang dimiliki serta tetap meningkatkan kreatifitas dalam meningkatkan kemampuan siswa; (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Agar menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa, sehingga dapat menginformasikan mahasiswa untuk meneliti hal yang terkait dengan proses manajemen MaÔÇÖhad di MAN 3 Malang; dan (4) bagi peneliti lain agar dapat membandingkan teori yang telah diterima di bangku kuliah dengan implementasinya dilapangan serta diharapkan dapat dijadikan wahana bagi peneliti untuk memecahkan masalah pendidikan secara alamiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item