Pengembangan buku ajar dengan muatan SAK-ETAP untuk kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan / Kiroomim Baroroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar dengan muatan SAK-ETAP untuk kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan / Kiroomim Baroroh

Baroroh, Kiroomim (2014) Pengembangan buku ajar dengan muatan SAK-ETAP untuk kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan / Kiroomim Baroroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baroroh Kiroomim. 2014. Pengembangan Buku Ajar dengan Muatan SAK-ETAP untuk Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Pembimbing (2) Nujmatul Laily S.Pd. M.SA. Kata Kunci pengembangan buku ajar akuntansi SAK-ETAP SAK-ETAP adalah pedoman penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan skala kecil dan menengah. Dengan adanya standar akuntansi yang baru ini maka beberapa istilah dan definisi dalam akuntansi juga ikut berubah hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Pembaharuan istilah-istilah diperlukan agar peserta didik menjadi lebih mudah dalam mempelajari akuntansi dan sesuai dengan standar kompetensi lulusan peserta didik SMK sehingga diperlukan adanya pengembangan buku ajar yang bermuatan SAK-ETAP untuk peserta didik SMK. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar akuntansi bermuatan SAK-ETAP yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Sugiyono (2012) yang dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data berupa angka dari hasil pengisian angket dan jawaban soal tes sedangkan data kualitatif adalah data berupa komentar dan saran. Hasil pengisian angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan jawaban soal tes dianalisis menggunakan uji t atau paired sample t test. Dari hasil analisis deskriptif persentase validasi oleh ahli desain pengembangan buku ajar ahli materi dan pembelajaran akuntansi serta dari hasil uji pengguna terbatas secara keseluruhan memperoleh rata-rata persentase sebesar 80 64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan buku ajar akuntansi dengan muatan SAK-ETAP untuk peserta didik SMK ini valid atau layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diketahui bahwa tingkat signifikansi hasil olahan data menggunakan SPSS 16 adalah sebesar 0 013. Sehingga Ho ditolak karena 0 013 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut hendaknya peneliti selanjutnya melakukan uji coba lapangan yang lebih luas agar tingkat kelayakan produk lebih teruji menambahkan materi perusahaan jasa dan melengkapi buku ajar dengan versi digital atau multimedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34729

Actions (login required)

View Item View Item