Berkati, Sela Martha (2014) Pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare / Sela Martha Berkati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berkati Sela Martha. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Akuntansi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Dr. Puji Handayanti S.E. M.M. Ak. Kata kunci Metode drill hasil belajar motivasi belajar 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan seorang guru dalam pembelajaran akan menentukan hasil dari pembelajaran. Pembelajaran akan efektif jika dengan metode pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran tidak mudah jenuh dan termotivasi untuk belajar. Salah satu metode yang diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan dalam mengerjakan soal latihan adalah metode drill. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa adalah kondisi psikologis siswa untuk mendorongnya melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Diduga metode drill dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan motivasi belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekplanasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pare. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS kelas XI IPS 1 berjumlah 33 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan diajar menggunakan metode drill. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang diberikan berupa pretest dan posttest. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih nilai posttest dan nilai pretest (gainscore). 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis regresi linear pada pengaruh penerapan metode drill terhadap motivasi belajar siswa coefficient sig menunjukkan nilai 0 000 nilai probabilitas 0 005 sehingga dapat disimpulkan penerapan metode drill berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa coefficient sig menunjukkan nilai 0 000 nilai probabilitas 0 005 sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada pengujian path analysis menunjukkan pengaruh tidak langsung metode drill terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 0 786. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru sebaiknya mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran kondisi dan keadaan siswa mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk memotivasi siswa. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian pada materi lain menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas dan melakukan penilaian hasil belajar tidak hanya pada ranah kognitif tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34728 |
Actions (login required)
View Item |