Pengaruh pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Elien Nuzuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Elien Nuzuliyanti

Nuzuliyanti, Elien (2014) Pengaruh pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Elien Nuzuliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuzuliyanti Elien. 2012. Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed (2) Sawitri Dwi Prastiti S.E M.Si.Ak Kata Kunci Kecerdasan emosional (EQ) mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri 12288 12288 12288 12288 Malang Salah satu tujuan pendidikan yang termuat dalam undang-undang adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa hal tersebut tidak dapat dipisahkan dengan peran pendidikan itu sendiri untuk menghantarkan peserta didiknya menuju kesuksesan di masa depan. Kesuksesan seseorang baik itu dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang yang lain tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual (IQ) semata melainkan juga kecerdasan emosional (EQ). Oleh karena itu peran pendidikan tinggi sebagai lembaga pendidikan tertinggi diharapkan mampu lebih mengintegrasikan kecerdasan emosional dalam pembelajaran karena penentu keberhasilan tidak hanya berdasar kecerdasan intelektual semata. Berbagai permasalahan terkait kecerdasan emosional (EQ) seseorang menjadi perhatian tersendiri sehingga muncul berbagai penelitian terhadap pengaruh pendidikan tinggi terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kecerdasan emosional (EQ) mahasiswa sebagai analisis lebih lanjut terhadap penelitian sebelumnya mengenai pengaruh pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling untuk memperoleh kelompok sampel mahasiswa dengan kriteria sudah menempuh lebih dari 120 SKS dan sedang menempuh skripsi. Dari kriteria tersebut diperoleh 93 mahasiswa dari berbagai program. Pengambilan jumlah sampel tersebut berdasarkan rumus Slovin. Analisis perbedaan kecerdasan emosional (EQ) mahasiswa menggunakan teknik independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional (EQ) mahasiswa pada program akuntansi dan mahasiswa non program akuntansi relatif sama sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan tinggi akuntansi tidak mempengaruhi kecerdasan emosional mahasiswanya. Beberapa responden mengungkapakan bahwa kecerdasan emosional seseorang lebih dipengaruhi oleh pengalaman berorganisasi pengalaman kerja pengalaman hidup dari latar belakang keluarga dan tingkat pendidikannya bukan ditentukan dari disiplin ilmu yang ditekuni oleh seseorang tersebut. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan mahasiswa lebih aktif dalam berorganisasi menambah pengalaman kerja dan memperluas hubungan sosial agar mampu meningkatkan kecerdasan emosional tidak hanya mengutamakan aspek intelektual semata melainkan juga menambah pengalaman sebanyak-banyaknya untuk bekal kesuksesan di masa depan nantinya. Sedangkan untuk peneliti lain untuk lebih memastikan hasil penelitian ada baiknya diadakan penelitian lebih lanjut untuk mahasiswa selain pada pendidikan tinggi akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34727

Actions (login required)

View Item View Item