Fitri, Febriana (2024) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy siswa kelas XI konsentrasi keahlian bisnis digital smk se-Kota Kediri / Febriana Fitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia merupakan negara dengan potensi perekonomian yang besar dan beragam. Negara ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah seperti minyak bumi gas alam batu bara biji nikel dan banyak komoditas pertanian seperti kelapa sawit karet cokelat dan kopi. Disisi lain masalah pengangguran terbuka di Indonesia atau daerah-daerah didalamnya tidak terkecuali Kota Kediri merupakan salah satu isu ekonomi dan sosial yang penting dan perlu mendapat perhatian serius. Selama beberapa tahun terakhir Kediri masih mengalami tantangan pengangguran masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi. Dari data BPS diketahui bahwa jumlah angkatan kerja yang menganggur sebanyak 7180 orang di Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh langsung variabel pendidikan kewirausahaan terhadap self efficacy 2) Pengaruh langsung variabel lingkungan keluarga terhadap self efficacy 3) Pengaruh langsung variabel pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha 4) Pengaruh langsung variabel lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha 5) Pengaruh langsung self efficacy terhadap minat berwirausaha 6) Pengaruh tidak langsung variabel pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy 7) Pengaruh tidak langsung variabel lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 341 siswa dan sampel sebanyak 203 siswa. Teknik sampling menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulkan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis data deskriptif dan analisis Path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung variabel pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Self Efficacy pendidikan kewirausahaan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Terdapat pengaruh secara tidak langsung variabel pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Terdapat pengaruh tidak langsung variabel lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Saran yang dikemukakan penulis dalam penelitian ini yaitu jika membangun pendidikan kewirausahaan pada siswa bisa dengan menambahkan banyaknya kegiatan seperti menambahkan skill digital marketing dukungan dari lingkungan keluarga siswa sangatlah penting dengan meningkatkan perhatian memberikan bimbingan arahan motivasi. Dan membangun minat siswa dalamberbisnis atau berwirausaha perlu melibatkan karakter percaya dengan kemampuan sendiri serta memiliki kematangan mental untuk memulai bisnis. Penelitian ini memiliki keterbatasan hanya 4 sekolah ada pula sekolah SMK di Kabupaten Kediri yang juga memiliki fokus pada bidang kewirausahaan namun peneliti tidak menyertakan dalam kajian tersebut. Oleh karena itu terbatas hanya pada SMK Kota Kediri yang berfokus pada mata pelajaran kewirausahaan. Studi ini menguji hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha serta efek mediasi dari efikasi diri. Penelitian ini dibatasi pada hubungan antar variabel tersebut saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |