Andriani, Chusnul (2014) Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Chusnul Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Andriani Chusnul. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Dr. CiptoWardoyo S.E M.Pd M.Si Ak CA. Kata Kunci Kecerdasan Emosional Minat Belajar Hasil Belajar Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku atau perilaku individu setelah melakukan aktivitas belajar yang mencakup ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah kecerdasan emosional dan minat belajar. Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang meliputi kemampuan untuk mengenali diri sendiri mengelola emosi memotivasi diri sendiri serta memiliki keterampilan sosial sedangkan minat belajar merupakan kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar diikuti dengan rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada aktivitas belajar. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. 12288 12288 12288 12288 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional sample dan diperolah sampel sampel sebanyak 63 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang (2) Minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA Negeri 6 Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) mengingat peran guru dalam pembelajaran sebaiknya guru untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar (2) bagi siswa diharapkan untuk meningkatkan aspek-aspek kecerdasan emosional dan minat belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal atau sesuai dengan hasil yang diharapkan (3) bagi peneliti selanjutnya dapat menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini yaitu dengan memperdalam kajian teori menambahkan sub variabel ataupun indikator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34725 |
Actions (login required)
View Item |