Pengembangan media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan literasi lingkungan siswa Kelas X semester Gasal di SMAN 2 Malang / Racy Rizky Abdillah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan literasi lingkungan siswa Kelas X semester Gasal di SMAN 2 Malang / Racy Rizky Abdillah</p>

Abdillah, Racy Rizky (2022) Pengembangan media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan literasi lingkungan siswa Kelas X semester Gasal di SMAN 2 Malang / Racy Rizky Abdillah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan salah satu permasalahan yang hingga saat ini masih menjadi perhatian seluruh bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan. Sebagai upaya penerapan pendidikan berwawasan lingkungan maka pemerintah menerapkan program Adiwiyata di sekolah. Prorgam adiwiyata terintegrasi di dalam proses pembelajaran untuk menciptakan siswa yang cepat dan tanggap dalam menghadapi permasalahan dan isu-isu lingkungan melalui serangkaian kegiatan yang inovatif dan kreatif. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang memfasilitasi kegiatan siswa serta dapat memotivasi siswa dalam beraktivitas pada proses pembelajaran. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan pada siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMAN 2 Malang diketahui bahwa kegiatan adiwiyata masih belum difasilitasi dengan media pembelajaran yang menarik serta keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan siswa kelas X masih perlu untuk ditingkatkan Penelitian ini bertujuan untuk menyusun menguji kevalidan menguji kepraktisan media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative dan menguji keefektifan media audiovisual adiwiyata terhadap keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan siswa kelas X semester gasal. Model pengembangan produk audiovisual yang digunakan adalah model Lee and Owens (2004) yang terdiri dari analysis/assesment design development implementation dan evaluation. Media audiovisual yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media validator ahli materi dan praktisi pendidikan biologi. Produk media audiovisual adiwiyata selanjutnya di uji coba dengan rincian uji coba perorangan uji coba kelompok kecil uji coba lapangan dan conduct pilot test. Media audiovisual diterapkan pada pembelajaran adiwiyata yang terintegrasi dengan pembelajaran biologi. Penerapan media audiovisual adiwiyata menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest yaitu dilaksanakan pada satu kelompok kelas yang sebelumnya telah melakukan pretest lalu diberi perlakukan dengan penerapan media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative dan selanjutnya diberikan postest. Siswa diberikan soal pretest keterampilan pemecahana masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan. setelah proses pembelajaran siswa diberikan angket respon pengguna dan soal postest keterampilan pemecahana masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berasal dari skor hasil uji validasi media audiovisual oleh validator skor hasil respon siswa skor hasil pretest dan postest. Data kualitatitif berasal dari masukan dan saran yang diberikan oleh validator dan siswa. Data Skor validasi dan skor respon siswa dianalisis dengan teknik presentase sedangkan data nilai pretest-postest diuji normalitas homogenitas dan uji T untuk mengetahui adanya perubahan antara data postest dan postest kemudian dianalisis menggunakan n-gain. Presentase hasil uji validasi media audiovisual adiwiyata oleh ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid oleh ahli media sebesar 97% dengan kriteria sangat valid dan oleh praktisis pendidikan biologi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan ditunjukan dari presentase uji coba perorangan sebesar 87% uji coba kelompok kecil sebesar 93% uji coba lapangan sebesar 94% conduct pilot test sebesar 95% dan hasil angket respon siswa sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis. Media audiovisual adiwiyata berbasis examples non examples cooperative efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan siswa kelas X. Hal ini terbukti dengan hasil rerata perhitungan n-gain keterampilan pemecahan masalah sebesar 0 81 yang menunjukan adanya peningkatan yang tinggi antara hasil pretest dan postest keterampilan pemecahan masalah siswa. Hasil rerata perhitungan n-gain keterampilan berpikir kreatif sebesar 0 73 yang menunjukan adanya peningkatan yang tinggi hasil pretest dan postest keterampilan berpikir kreatif. Sedangkan rerata perhitungan hasil n-gain pretest dan postest literasi lingkungan sebesar 0 54 yang menunjukkan adanya peningkatan dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347204

Actions (login required)

View Item View Item