Manajemen kurikulum (pembelajaran) bagi siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita (Studi kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Eka Mandiri Batu) / Reni Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum (pembelajaran) bagi siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita (Studi kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Eka Mandiri Batu) / Reni Andriani

Andriani, Reni (2012) Manajemen kurikulum (pembelajaran) bagi siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita (Studi kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Eka Mandiri Batu) / Reni Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen kurikulum (pembelajaran) siswa SDLB tunagrahita. Manajemen memegang peranan penting dalam menentukan berhasil tidaknya suatu program berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen kurikulum (pembelajaran) bertujuan untuk membantu dan memperlancar tercapainya tujuan pembelajaran bagi sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Manajemen pembelajaran untuk anak tunagrahita harus dilakukan secara intensif karena mereka sangat memerlukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mereka. Suatu perubahan pada anak yang memiliki kebutuhan khusus ini dapat dikatakan meningkat apabila mempunyai titik keberhasilan perubahan IQ yang dapat diketahui dari manajemen kurikulum (pembelajaran) yang diberikan. Fokus penelitian tentang (1) Bagaimanakah perencanaan kurikulum pada siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (2) Bagaimanakah penyusunan kalender sekolah di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (3) Bagaimanakah penyusunan program tahunan di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (4) Bagaimanakah penyusunan jadwal pelajaran untuk seluruh kelas siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (5) Bagaimanakah pembagian beban mengajar guru pada siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (6) Bagaimanakah penyusunan program belajar mengajar bagi siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu (7) Bagaimanakah penilaian belajar siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Tunagrahita Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi ini terletak di berlokasi di Jalan Terusan Kasiman Ngaglik-Batu. Lokasinya yang jauh dari bisingnya kendaraan bermotor bermanfaat bagi para siswa SDLB Eka Mandiri Batu untuk lebih berkonsentrasi pada kegiatan belajar mengajar. Data diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan direduksi apabila tidak relevan dengan fokus penelitian dianalisis guna menyusun dan mengabstraksikan serta menyimpulkan temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan (1) memperpanjang kehadiran peneliti dilapangan (2) triangulasi dengan sumber. Kesimpulan penelitian ini meliputi (1) perencanaan Manajemen Kurikulum (pembelajaran) bagi Siswa SDLB Tunagrahita di SLB Eka Mandiri Batu merupakan perencanaan yang menitik beratkan perencanaan yang didasarkan pada kebutuhan yang berkembang di masyarakat maupun peserta didik (2) pelaksanaan Manajemen Kurikulum (pembelajaran) bagi Siswa SDLB Tunagrahita di SLB Eka Mandiri Batu (a) kalender sekolah merupakan sebuah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran minggu efektif belajar waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Oleh sebab itu kalender sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan pendidikan baik kegiatan belajar mengajar disekolah karena kalender sekolah merupakan suatu penjabaran semua kegiatan sekolah (b) program kerja tahunan merupakan suatu bentuk program yang bertujuan untuk memudahkan cara kerja yang teratur dan berencana serta memudahkan penilaian dan pengawasan. . Penyusunan program tahunan dilakukan setelah kegiatan berlangsung dan dilakukan akhir tahun sekolah dengan melihat kegiatan tahun dan semester pada tahun yang sudah dilaksanakan. Dengan adanya prinsip dan tujuan rencana tahunan pekerjaan akan selesai dengan tepat waktu dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan dan penyusunan yang dilakukan oleh kepala sekolah (c) penyusunan jadwal pelajaran dilakukan dengan menginventarisasi mata pelajaran dan jumlah masing-masing mata pelajaran guru yang mengampu dan jumlah beban mengajar guru penentuan waktu jam pelajaran per mata pelajaran dan jam mata pelajaran per minggu (d) pembagian beban mengajar merupakan suatu perangkat yang berisi tentang pembagian jam kerja mengajar pada masing-masing guru. Beban mengajar diadakan agar guru mengetahui berapa berat beban mengajar pada tiap hari ataupun tiap minggunya (e) penyusunan program pengajaran tahunan dan semester dilakukan oleh guru kelas dengan dibantu dan dibina oleh kepala sekolah setiap semester dan tahun (3) penilaian atau evaluasi hasil pembelajaran siswa merupakan suatu bentuk proses tindakan dan usaha untuk menggambarkan sejauh mana siswa telah mengatasi suatu materi mengevaluasi hasil belajar siswa menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang nantinya dapat dikembangkan oleh peserta didik dan sebagai kontrol bagi pendidik dan suatu jenjang pendidikan tentang kemajuan dan perkembangan pesrta didik. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala SLB Eka Mandiri Batu diharapkan dapat dijadikan bahan acuan kepala sekolah dalam mengembangkan proses dan metode manajemen pembelajaran bagi siswa Tunagrahita. Sekaligus menambah wawasan tentang pengembangan pembelajaran (2) tenaga pendidik di SLB Eka Mandiri Batu diharapkan tetap meningkatkan kemampuan semangat kerja dan kesabaran yang dimiliki serta tetap meningkatkan kreatifitas dalam meningkatkan kemampuan siswa (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang agar menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa sehingga dapat menginformasikan mahasiswa untuk meneliti hal yang terkait dengan manajemen kurikulum (pembelajaran) bagi siswa SDLB tunagrahita dengan lebih baik (4) bagi peneliti lain agar dapat dijadikan bahan referensi untuk mengembangkan penelitian sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item