Ni'am, Zaki Bahrun (2014) Penerapan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan make a match pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang II Kota Batu / Zaki Bahrun Ni'am. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ni am Zaki Bahrun. 2014. Penerapan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS-4 MAN Malang II Kota Batu. Skripsi Jurusan Akuntasi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd MSA (II) Dr. Dodik Juliardi S.E Ak. M.M Kata kunci Model STAD Model Make a Match Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal di MAN Malang II Kota Batu permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas XI IPS-4 yaitu peoses pembelajaran masihbersifat teacher oriented dan metode yang dipakai masih metode konvensional. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung monoton. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu STAD dan make a match yang dapat membatu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan pembelajaran adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran STAD dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 4 MAN Malang II Kota Batu yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes observasi angket catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi penyajian data penarikan kesimpulan dan penilaian keberhasilan tindakan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran STAD dan make a match. Hal ini ditunjukkan dengan 25 siswa yang tuntas dari 28 siswa atau kata lain tingkat ketuntasan siswa sudah mencapai 89%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 73 mengalami peningkatan pada siklusi II sebesar 79. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran STAD dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IS 4 MAN Malang II Kota Batu . Guru akuntansi disarankan menerapkan model pembelajaran STAD dan make a match dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34719 |
Actions (login required)
View Item |