Analisis implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarekter diu SMK 17 Agustus Batu / NH Luluk Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarekter diu SMK 17 Agustus Batu / NH Luluk Dwi Lestari

Lestari, NH Luluk Dwi (2014) Analisis implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarekter diu SMK 17 Agustus Batu / NH Luluk Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari NH Luluk Dwi. 2013. Analisis Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter di SMK 17 Agustus Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed (II) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. A.k. Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter Implementasi RPP Berkarakter SMK 17 Agustus Batu. 12288 12288 12288 Pendidikan karakter di Indonesia mulai digalakkan oleh pemerintah pada tahun 2010. Hal ini dikarenakan maraknya kenakalan remaja yang sering terjadi di Indonesia. Dengan adanya pendidikan silabus RPP dan bahan ajar yang telah disiapkan untuk pendidikan karakter yang terintegrasi harus benar-benar diimplementasikan didalam kelas dengan guru sebagai model insan yang berkarakter sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran serta tujuan dari pendidikan karakter akan tercapai. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter guru Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan perpanjangan penelitian peningkatan ketekunan penelitian dan triangulasi. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1)Format RPP Berkarakter di SMK 17 Agustus Batu dirancang dengan menyisipkan muatan karakter pada tujuan pembelajaran dan teknik penilaian. Dalam RPP Berkarakter SMK 17 Agustus Batu terdapat kelemahan yaitu pada intrumen penilaian. Penilaian karakter siswa yang ada dalam RPP nantinya tidak dimasukkan dalam rapor siswa. (2)Implementasi RPP Berkarakter dalam penelitian dilihat dari sudut pandang peneliti dan sudut pandang siswa. Dimana sudut pandang peneliti implementasi RPP Berkarakter Guru B lebih baik daripada Guru A. Guru B sudah menanamkan nilai-nilai karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran dan karakter yang tidak terintegrasi dalam pelajaran sedangkan Guru A hanya menanamkan karakter yang tidak terintegrasi dengan pelajaran. Hal ini dikarenakan Guru B membuat perencanaan (RPP) lebih baik dibandingkan dengan Guru A. Akan tetapi kedua guru tersebut belum mengimplementasikan penilaian karakter dalam kegiatan belajar mengajar. Keduanya hanya melakukan penilaian kognitif saja didalam kelas. Dari sudut pandang siswa RPP Berkarakter yang dibuat guru sudah diimplementasikan dengan baik. Dari kedelapan karakter yang dimuat di angket 77 99% sudah diimplementasikan dalam kegiatan belajar-mengajar. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan seharusnya guru tidak mengabaikan proses penilaian karakter yang ada pada RPP. Proses penilaian itu perlu dilaksanakan agar dapat mengetahui perkembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34716

Actions (login required)

View Item View Item