Rohman, Muhammad Fadlul (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohman Muhammad Fadlul. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng SE. MA. MM.Ak (II) Dr. Tuhardjo SE. Msi.Ak Kata kunci Teams Games Tournament (TGT) Motivasi Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang terdapat beberapa permasalahan yang diperoleh peneliti. Sebagian siswa terlihat bosan dengan gaya mengajar guru yang terkesan monoton Guru lebih sering menerapkan metode mengajar dengan ceramah di setiap pertemuannya dan memberikan penugasan. Oleh karena metode pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang bisa membangkitkan minat dan motivasi belajar sehingga hasil belajar yg diperoleh juga rendah.Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual. Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena keunggulan yang dimiliki oleh model pembelajaran TGT yaitu adanya game dan turnamen. Dengan adanya game dan turnamen ini siswa secara langsung maupun tidak langsung akan berusaha untuk selalu aktif karena mengingat peran dan tanggung jawabnya sebagai anggota kelompok dengan demikian suasana kelas pada saat pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan siswa tidak lagi merasa bosan mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes observasi angket wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklusi II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Guru akuntansi disarankan menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34714 |
Actions (login required)
View Item |