Pengembangan modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013 / Semi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013 / Semi Rahayu

Rahayu, Semi (2014) Pengembangan modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013 / Semi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu Semi. 2014. Pengembangan Modul Akuntansi Perusahaan Jasa Berbasis Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri S.Pd. M.SA Kata Kunci pengembangan modul akuntansi kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Dalam rangka mensukseskan implementasi kurikulum 2013 dan menyiapkan guru yang siap menjadi fasilitator pembelajaran serta mendorong dan mengembangkan aktivitas peserta didik maka diperlukan adanya buku pelajaran sebagai sumber belajar. Guru sebagai pengajar dan pendidik dituntut untuk dapat mengembangkan sebuah bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal tersebut juga merupakan salah satu tugas peneliti untuk mengembangkan bahan ajar yang nantinya dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran serta memenuhi kebutuhan akan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum saat ini. Oleh sebab itu peneliti membuat suatu karya pengembangan bahan ajar berupa modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013 yang dilengkapi dengan buku petunjuk guru yang diharapkan dapat mempermudah siswa maupun guru dalam mempelajari mata pelajaran akuntansi yang sesuai dengan kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang ditempuh yaitu analisis kebutuhan pengembangan produk validasi ahli revisi produk pertama uji coba produk revisi produk kedua dan produk akhir. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 validator ahli modul dan 3 validator ahli materi. Uji coba modul kepada pengguna terbatas melibatkan 12 peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri 5 Malang SMA Negeri 8 Malang dan SMA LAB UM Malang. Jenis data yang diambil berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif persentase sedangkan data kualitatif dianalisis dengan teknik penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen angket tertutup. 12288 12288 12288 12288 Persentase rata-rata yang diperoleh dari penilaian lima validator terhadap modul siswa yaitu 89 34% yang berarti modul valid untuk digunakan. Berdasarkan penilaian validator ahli modul modul siswa dinyatakan valid dengan persentase rata-rata 96% sedangkan validator ahli materi juga menilai modul valid dengan persentase rata-rata 82 67% tetapi berdasarkan kritik dan saran dari validator modul dilakukan revisi sesuai dengan kritik dan saran dari ahli modul dan ahli materi. Setelah menjalani tahap revisi modul diujicobakan kepada pengguna terbatas (peserta didik). Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa modul dinyatakan cukup valid untuk digunakan dengan persentase 78 40%. Selain itu penilaian juga dilakukan terhadap buku petunjuk guru. Persentase rata-rata yang diperoleh dari validator ahli modul sebesar 94 50% buku petunjuk guru dinyatakan valid dan dari ahli materi persentase rata-rata 74 67% yang menyatakaan bahwa buku petunjuk guru cukup valid. Persentase keseluruhan buku petunjuk guru dari lima validator yaitu 84 59% yang berarti buku petunjuk guru valid dan layak digunakan sebagai buku petunjuk dalam penggunaan modul siswa. 12288 12288 12288 12288 Modul yang dikembangkan memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan modul antara lain 1) menyajikan materi siklus akuntansi perusahaan jasa secara lengkap mulai dari tahap pencatatan tahap pengikhtisaran dan tahap pembuatan laporan keuangan siklus akuntansi perusahaan jasa yang mana dalam proses pembelajaran mengaplikasikan kurikulum 2013 dan penilaian autentik dengan menggabungkan teori dengan keadaan yang terjadi di lingkungan siswa 2) modul berisi nilai karakter bangsa seperti religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu gemar membaca dan tanggung jawab yang dikembangkan pada tiap bab maupun diintegrasikan dalam bentuk analitika dan tugas kelompok yang diharapkan bisa membentuk karakter siswa 3) modul berisi aktivitas yang menuntut siswa untuk bekerja secara kelompok untuk memperdalam ilmu akuntansi dan mengembangkan sikap dalam menghadapi berbagai masalah terkait bidang akuntansi dengan berkunjung langsung ke dunia usaha (perusahaan jasa) di sekitar sekolah atau lingkungan siswa agar siswa mengetahui praktik akuntansi secara langsung dan 4) modul dilengkapi dengan buku petunjuk guru yang berisi tentang analisis KI dan KD pengembangan penilaian autentik langkah-langkah penggunaan modul siswa kunci jawaban modul siswa dan format penilaian autentik. 12288 12288 12288 12288 Kelemahan modul yang dikembangkan antara lain 1) siswa sebelum mempelajari modul ini harus mempelajari terlebih dahulu materi tentang sistem informasi akuntansi dan persamaan dasar akuntansi dari referensi lain karena materi dalam modul ini hanya terbatas pada siklus akuntansi perusahaan jasa 2) nilai karakter yang diintegrasikan hanya religius disiplin kerja keras jujur mandiri tanggung jawab toleransi kreatif gemar membaca dan rasa ingin tahu nilai karakter yang dikembangkan tidak semuanya karena disesuaikan dengan silabus dan materi siklus akuntansi perusahaan jasa berkait dengan profesi sebagai seorang akuntan 3) modul yang dikembangkan belum digunakan dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya sehingga tidak diketahui efektifitas penggunaan modul yang dikembangkan dan 4) Penggunaan modul siswa harus disertai dengan buku petunjuk guru agar penerapan kurikulum 2013 dan penilaian autentik berjalan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah peneliti lain dapat melakukan uji efektifitas penggunaan modul akuntansi perusahaan jasa berbasis kurikulum 2013 beserta buku petunjuk guru ini dan peneliti lain dapat mengembangkan produk dengan cakupan materi yang lain atau lebih luas misalkan materi prasyarat dimasukkan dalam modul yaitu sistem informasi akuntansi dan persamaan dasar akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34713

Actions (login required)

View Item View Item