Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, motivasi berprestasi, dan pemanfaatan sumber belajar akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fatimah Intan Amindar Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, motivasi berprestasi, dan pemanfaatan sumber belajar akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fatimah Intan Amindar Putri

Putri, Fatimah Intan Amindar (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru, motivasi berprestasi, dan pemanfaatan sumber belajar akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Fatimah Intan Amindar Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Fatimah Intan Amindar. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Motivasi Berprestasi dan Pemanfaatan Sumber Belajar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri S.Pd. M.SA. Kata kunci Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Motivasi Berprestasi Sumber Belajar dan Hasil Belajar Proses belajar di sekolah diharapkan menunjukkan perubahan yang bersifat positif. Hasil dari proses belajar tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor intern maupun ekstern. Persepsi dan Motivasi berprestasi merupakan faktor intern yang mempengaruhi belajar. Kompetensi profesional guru merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu lembaga pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Persepsi siswa yang baik terhadap kompetensi gurunya serta motivasi berprestasi siswa yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar siswa. Sumber belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Sumber belajar yang lengkap serta dimanfaatkan dengan baik akan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru motivasi berprestasi dan pemanfaatan sumber belajar akuntansi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS yang berjumlah 91 siswa. Menggunakan sampel sebanyak 74 siswa dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang (3) terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang. Disarankan kepada (1) pihak sekolah hendaknya menghimbau memantau dan mengevaluasi peran guru dalam peningkatan kompetensi profesional guru (2) guru hendaknya mengevaluasi kompetensi profesional yang dimiliki dan memberikan penguatan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi siswa menambah sumber belajar dan memanfaatkan sumber belajar yang menunjang pembelajaran dengan baik sehingga siswa dapat memanfaatkan sumber belajar yang ada dengan maksimal (3) siswa harus mempertahankan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi yang sudah baik dan harus meningkatkan hasil belajarnya bagi siswa yang masih kurang nilainya (4) peneliti selanjutnya apabila ingin mengambil topik yang sama diharapkan dapat memperbaiki hal-hal yang ada dalam keterbatasan penelitian. Salah satunya yaitu selain angket untuk memperkuat hasil penelitian dapat didukung dengan wawancara observasi langsung dsb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34709

Actions (login required)

View Item View Item