Hidayat, Arif (2023) Pengaruh collaborative discovery learning terhadap keterampilan literasi saintifik, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa sma / Arif Hidayat</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non- equivalent control group yang melibatkan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diterapkan model Collaborative Discovery Learning sebagai metode pembelajaran sementara kelompok kontrol menggunakan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui pretes dan postes keterampilan berpikir kritis serta pretes dan postes keterampilan literasi sains. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok kontrol mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis namun kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan. Model Collaborative Discovery Learning secara positif mempengaruhi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa. Uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan signifikansi hasil pretes dan postes keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada kedua kelompok. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran kolaboratif dan discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep keterampilan berpikir kritis serta kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan model Collaborative Discovery Learning memberikan manfaat yang lebih besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa dibandingkan dengan model Discovery Learning. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan literasi sains siswa di lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |