Fadilla, Nanda Bhekti (2022) Pengaruh reading concept mapping-think talk write (remap-ttw) terhadap literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas XI Biologi di SMAN 1 Kencong Kabupaten Jember / Nanda Bhekti Fadilla</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Biologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan cepat dan memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Siswa dalam mempelajari materi biologi membutuhkan kemampuan pencarian informasi serta kemampuan berpikir yang baik. Faktanya siswa masih kesulitan dalam mempelajari biologi sebab perkembangan materi yang cepat cakupannya luas kompleks dan dianggap bersifat hafalan. Hal tersebut disebabkan belum mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam mempelajarinya. Literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis termasuk dalam kemampuan yang penting dikuasai siswa pada abad ke-21. Literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis siswa sebagian besar masih kurang memuaskan. Upaya untuk mengatasi hal tersebut salah satunya melalui inovasi model pembelajaran dalam membelajarkan materi di kelas. Remap-TTW adalah model pembelajaran inovatif yang berpotensi mengembangkan literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis siswa sebab memiliki tahapan Reading Concept Mapping dan Think Talk Write. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perbedaan literasi informasi siswa yang difasilitasi model pembelajaran Remap-TTW TTW dan pembelajaran konvensional terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kencong pada pembelajaran biologi (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang difasilitasi model pembelajaran Remap-TTW TTW dan pembelajaran konvensional terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kencong pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Kencong Kabupaten Jember yang terdiri dari 8 kelas. Tiga kelas yang terpilih yaitu XI MIPA 7 (N 33) sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Remap-TTW XI MIPA 6 (N 32) sebagai kelas kontrol positif yang dibelajarkan dengan TTW dan XI MIPA 8 (N 35) sebagai kontrol negatif yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen untuk mengukur literasi informasi menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut Assosiation of American Colleges and Universities (AACU) (2017) sedangkan keterampilan berpikir kritis menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran menurut Greenstein (2012). Hasil penelitian yang diperoleh diuji menggunakan One-Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan literasi informasi siswa yang dibelajarkan dengan Remap-TTW TTW dan pembelajaran konvensional terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kencong pada pembelajaran biologi yang ditunjukkan dengan nilai p hasil analisis One Way-ANCOVA sebesar 0 00 lt 0 05 (2) ada perbedaan literasi informasi siswa yang difasilitasi model pembelajaran Remap-TTW TTW dan pembelajaran konvensional terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kencong pada pembelajaran biologi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi hasil analisis One Way-ANCOVA sebesar 0 00 lt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian maka Remap-TTW lebih baik dalam meningkatkan literasi informasi dan keterampilan berpikir siswa sehingga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |