Pratama, Falah Putra (2023) Pengembangan media e-module biologi model problem based learning (PBL) berbantuanan asesmen kinerja untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, argumentasi dan kolaborsi peserta didik / Falah Putra Pratama</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum merdeka belajar dalam pendidikan sains saat ini di sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep literasi sains mengharapkan peserta didik untuk memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap diri dan lingkungannya dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan sains yang telah dipahaminya. Literasi sains dapat diartikan sebagai kemampuan dalam menggunakan pengetahuan sains dan keterampilan proses ilmiah dalam memahami serta membuat keputusan yang berkaitan dengan lingkungan alam. Pada pembelajaran biologi juga diperlukan keterampilan argumentasi untuk mendukung keterampilan sains karena untuk memperkuat pemahamannya akan materi dan mengembangkan pengetahuan ilmiahnya. Argumentasi adalah proses pembuatan argumen yang dimaksudkan untuk mempertahankan anggapan nilai dan tingkah laku yang dipercaya benar sehingga dapat memengaruhi orang lain. Keterampilan argumentasi akan digunakan peserta didik dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapinya serta peserta didik diharapkan menjadi produk pendidikan yang mampu bertahan dan berinovasi dalam kehidupan masyarakat oleh karena itu diperlukan kemampuan argumentasi yang baik pada diri peserta didik. Keterampilan kolaborasi peserta didik dapat diketahui dari berbagai tugas yang didalamnya terdapat unsur seperti menetapkan tujuan pembuatan rencana menghasilkan atau pemilihan strategi serta mencoba sebuah Solusi. Salah satu media yang bisa digunakan mendukung kegiatan pembelajaran adalah e-module pengertian dari e-module ini sendiri modul yang berbasis elektronik yang bisa dijalankan melalui handphone. E-module ini bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam pembelajaran untuk mencapain tujuan tertentu yang bersifat self-interaction. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan bahan ajar media yakni media e-module Berbantuan asesmen kinerja yang sudah valid dan praktis di SMAI Al Ma rsquo arif Singosari Malang dan menghasilkan bahan ajar media yakni e-module berbantu asesmen kinerja yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains berargumentasi dan kolaborasi peserta didik SMAI Al Ma rsquo arif Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (development research) dalam menghasilkan media bahan ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan literasi sains kolaborasi dan argumentasi. Model penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan dari ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Tahapan dari model yang digunakan oleh peneliti yakni model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze) rancangan (design) pengembangan (develop) penerapan (implement) dan yang terakhir yakni evaluasi (evaluate). Penelitian ini menggunakan tekni analisis dengan uji anakova dengan tingkat signifikan lt 0 05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan keterampilan argumentasi dan keterampilan literasi sains antara peserta didik yang menggunakan e-module berbantuan asesmen kinerja dengan peserta didik yang tidak e-modul. Media e-module berbantuan asesmen yang dibuat tidak terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan e-module berbantuan asesmen kinerja dengan peserta didik yang tidak menggunakan e- module berbantuan asesmen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |