Pengaruh model pembelajaran Murder terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI SMAN 5 Malang / Ayu Weda Anggarawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Murder terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI SMAN 5 Malang / Ayu Weda Anggarawati

Anggarawati, Ayu Weda (2014) Pengaruh model pembelajaran Murder terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI SMAN 5 Malang / Ayu Weda Anggarawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggarawati Ayu W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P (II) Dr. Eka Ananta S. S.E M.M Ak CA. Kata Kunci Model pembelajaran MURDER motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pada kondisi pendidikan yang semakin berkembang dan maju pembelajaran yang dilakukan di sekolah mengalami perkembangan. Pendekatan pembelajaran dapat menggunakan suatu model pembelajaran yang harus sesuai dengan materi. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran MURDER yang dapat memberikan suasana belajar yang positif dan pemahaman materi sehingga berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran MURDER (X) sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa (Y1) dan hasil belajar siswa (Y2). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Uji T Independent Sample. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat pada (1) model pembelajaran MURDER berpengaruh positif pada motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang karena pembelajaran disajikan lebih menarik sehingga siswa bersemangat dan konsentrasi ketika pembelajaran. (2) Model pembelajaran MURDER berpengaruh positif pada hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang karena siswa dapat belajar dengan berbagai sumber belajar dan banyak mengerjakan soal latihan serta bertukar pendapat sehingga siswa lebih memahami dan menguasai materi belajar akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Keterbatasan penelitian ini adalah pengumpulan data motivasi belajar hanya dari kuesioner dan hanya diberikan di akhir pertemuan saja setelah diberikan perlakuan penilaian hasil belajar hanya dari ranah kognitif dan afektif. Saran dalam penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi sekolah untuk dapat memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga terwujud pembelajaran yang aktif kreatif dan inovatif bagi para guru harus meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif dalam proses pembelajaran bagi para siswa agar meningkatkan kemandirian dan keaktifan dalam belajar bagi penelitian selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis agar mengukur motivasi belajar siswa tidak hanya dengan angket akan lebih baik jika pengumpulan data dikombinasi dengan teknik wawancara selain itu angket diberikan pada awal penelitian dan akhir penelitian agar diketahui motivasi siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan membuat dua angket yang berbeda untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan pada masing-masing kelas. Membuat soal pretest dan posttest dengan proporsi jumlah yang sama guru melakukan observasi mengamati siswa di dalam kelas dan guru menggunakan media pembelajaran untuk menunjukkan video motivasi agar siswa bersemangat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34704

Actions (login required)

View Item View Item